Pasific Pos.com
Headline

Pemprov Papua Pastikan Stok Hewan Kurban Aman

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Papua MP Koibur

Jayapura – Jelang Hari Raya Idul Adha Pemerintah Provinsi Papua memastikan ketersediaan stok hewan kurban di Kabupaten/Kota aman. Hal tersebut disampaikan Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Papua MP Koibur, kepada wartawan di sela-sela kunjungan Pj Gubernur di Kabupaten Keerom, Selasa (4/6/2024).

“stok hewan kurban di 9 kabupaten/kota se Papua aman dan sehat, semua hewan kurban kita awasi kesehatannya, sehingga hewan kurban itu berkualitas,” ucapnya.

Dikatakan, Pemerintah Provinsi Papua tahun ini tidak menyediakan hewan kurban. Namun, Presiden Joko Widodo akan membantu satu ekor sapi kurban ke Masjid Nurul Anshar Kompleks Pasar Inpres Dok IX, Kota Jayapura.

“Kita sudah koordinasi dengan pihak Sekneg, dan dalam minggu ini akan diserahkan kepada Pemerintah Papua selanjutnya Pj Gubernur akan menyerahkan kepada pihak pemenerima bantuan hewan kurban dari presiden,” ujarnya.

Koibur menjelaskan, Dinas Perkebunan dan Peternakan juga terus memantau kesehatan hewan kurban dengan turun langsung ke lapak hewan atau juga mendatangi secara langsung ke peternakan hewan yang ada di Papua.

Lanjutnya, stok hewan kurban tahun ini yang tersedia sebanyak 2.490 ekor sapi. Dari jumlah tersebut, kebutuhan hewan kurabn hanya 2.190 ekor. Untuk hewan kambing stok yang tersedia sebanyak 693 ekor, sementara kebutuhan hanya 309 ekor.

Dengan demikian, katanya, masih banyak stok hewan kurban di Papua. “Terkait dengan stok sapi dan kambing untuk tahun ini di kabupaten/kota di Papua aman, stok kita juga banyak,” pungkasnya.