Pasific Pos.com
Headline

Pemprov Berikan 1.436 Beasiswa kepada Mahasiswa Papua

Penandatangan nota kesepahaman antara Gubernur Papua Lukas Enembe yang diwakili Staf Ahil Gubernur Bidang Otsus, Triwarno Purnomo dengan para Rektor, Ketua Sekolah Tinggi dan Direktur Politeknik, di Gedung Negara, Dok V Jayapura, Kamis (2/9/2021).

JAYAPURA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua memberikan beasiswa bagi 1.436 mahasiswa yang tersebar di perguruan tinggi di Jayapura.

Pemberian beasiswa ditandai dengan dilakukannya penandatangan nota kesepahaman antara Gubernur Papua Lukas Enembe yang diwakili Staf Ahil Gubernur Bidang Otsus, Triwarno Purnomo dengan para Rektor, Ketua Sekolah Tinggi dan Direktur Politeknik, di Gedung Negara, Dok V Jayapura, Kamis (2/9/2021).

Kepala BPSDM Provinsi Papua, Aryoko Rumaropen mengatakan, mahasiswa yang menerima beasiswa itu di antaranya 100 orang di Universitas Ottow Gleisser, 200 orang di Sekolah Tinggi Teologia Gidi Papua dan 100 orang di Universitas Yapis.

“Ada pula 137 orang profesi dokter dan 9 orang pendidikan strata tiga untuk tenaga dosen di Universitas Cendrawasih, kemudian 33 orang di Institut Seni Budaya Indonesia dan lainnya,” jelas Aryoko.

Ia mengatakan, dalam rangka meningkatkan daya saing sumberdaya manusia khususnya Orang Asli Papua, Pemerintah Papua telah memberikan beasiswa bagi 1.884 orang sejak 2012 hingga 2020.

“1.156 orang di antaranya adalah penerima beasiswa studi di dalam negeri dengan lokasi studi di 19 kota di Indonesia dan 688 orang lainnya adalah penerima beasiswa studi di luar negeri di 15 negara pada 160 perguruan tinggi,” paparnya

Sementara Triwarno mewakili Gubernur Papua mengungkapkan bahwa pemberian beasiswa ini untuk membantu mahasiswa yang selama ini terhambat masalah keuangan untuk menyelesaikan pendidikannya.

“Banyak anak kita yang memiliki kemampuan akademik yang cukup baik, namun mereka harus berusaha keras mencari kerja tambahan sebagai buruh untuk biaya pendidikan mereka. Selain itu mereka juga datang dari keluarga yang tidak mampu,” kata Triwarno.

Menurut Triwarno, kondisi inilah yang membuat Gubernur Papua, Lukas Enembe prihatin sehingga beliau mengambil kebijakan untuk memberikan beasiswa bagi ribuan mahasiswa tersebut.

“Kita semua memiliki tanggung jawab untuk membantu anak-anak kita ini. Karena itu, hari ini dilakukan penandatanganan antara Gubernur dan para Rektor Universitas dan Ketua Sekolah Tinggi serta Direktur Politeknik,” ucapnya.

Artikel Terkait

34 Anak Papua Terima Manfaat Beasiswa Pendidikan BPJAMSOSTEK

Afrans

Kajati Selidiki Dugaan Penyelewengan Dana Otsus Pada Dinas Pendidikan Papua

Bams

Yunus Wonda : Korupsi Dana Otsus Jangan Dijadikan Pengalihan Isu

Tiara

Doren : Silakan Polri Periksa Penyalahgunaan Dana Otsus

Bams

Beasiswa Keerom Rp 1,050 M Segera Cair

Bams

Rusia Fasilitasi Beasiswa Bagi OAP

Bams

Wagub : Pemprov Papua Masih Menunggu Pencairan Dana Otsus

Bams

Wagub: 80 Persen Dana Otsus Kabupaten/Kota Tak Dipotong

Bams

DPR Papua Minta Pemberian Beasiswa Jangan Sampai Mandek

Tiara