Pasific Pos.com
Info Papua

Pemerintah Akan Percepat Pembangunan Tiga DOB di Papua

Panglima TNI Laksamana TNI H. Yudo Margono memberikan bingkisan kepada sejumlah warga Papua usai peresmian gedung baru Mapolda Papua di Koya Koso Minggu

Jayapura —Pemerintah akan mempercepat pembangunan di Tiga Daerah Otonomi Baru (DOB), untuk kesejahteraaan masyarakat Papua.

Demikian disampaikan Panglima TNI Laksamana TNI H Yudo Margono, SE, MM, CSFA, Kapolri Jendral Pol Drs Listyo Sigit Prabowo, MSi di sela-sela kegiatan ramah tamah peresmian Mapolda Papua di Koya Koso, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Papua, Minggu (8/1/2023).

Panglima TNI Laksamana TNI H Yudo Margono pada kesempatan ini menyampaikan bahwa pihaknya akan menambah jumlah personel, Mako dan juga pimpinannya di 3 DOB di Papua.

“Sinergitas TNI Polri harus diperkuat, karena ini pondasi awal kita lakukan tugas dimanapun. Jika kita sinergi pasti akan tercipta kedaulatan dan keutuhan NKRI. Kesejahteraan masyarakat akan terwujud jika komponen masyarakat dan semua tokoh bersinergi. Itu kuncinya membangun masyarakat dan masyarakat akan merasakan hasilnya jika aparat dan Pemda bersatu bersama dan sama mewujudkan masyarakat sejahtera,” kata Panglima TNI.

Ditegaskannya pula bahwa, anak anak Papua harus dijaga dan dicerdaskan sehingga nanti kedepan harus bisa membawa negara ini dalam keadaan damai dan wujudkan kesejahteraan Indonesia dan lindungi segenap bangsa Indonesia,” tandasnya.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengatakan, kehadiran Panglima TNI dan seluruh Kepala Staf Angkatan juga jajaran ini merupakan bagian komitmen kami bahwa kita semua TNI Polri sangat cinta masyarakat Papua dan Tanah Papua.

“Kami berkomitmen untuk menjaga, agar Pemerintah Pusat bisa terus lancar melaksanakan program-program untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua,” kata Jenderal Listyo Sigit.

Ia menambahkan bahwa semua telah tahu bahwa kita telah melewati situasi sulit saat Covid- 19, namun berkat kerjasama masyarakat Papua dan TNI Polri juga jajaran nakes dan tokoh tokoh semua bisa lewati masa sulit dan bisa selenggarakan event nasional PON XX Papua yang diketahui bersama berjalan baik dan lancar, itu adalah kebanggaan kita semua dan khususnya masyarakat Papua.

“Kita telah lewati masa sulit, kebangkitan dimulai dari Papua, tentunya Pemerintah harus buat program untuk bagaimana kedepan terkait dana Otsus bisa betul betul dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat, meningkatkan pendidikan agar masyarakat Papua bisa dipersiapkan untuk menjadi SDM unggul dan siap mengelola apa yang dimiliki Tanah Papua,” ujarnya.

Menurutnya, banyak program seperti sekolah luar negeri, namun jika tidak disiapkan lapangan pekerjaan yang cocok dan tidak diimbangi dengan persiapan langkah berikutnya maka tidak akan bisa maksimal untuk membangun Papua.

Oleh karena itu, tambahnya, pemerintah mempercepat pembangunan dengan adanya DOB.

“Kedepan setelah proses DOB berjalan baik, tentunya Kepolisian akan menyelesaikan pengembangan wilayah yang ada, tentunya potensi munculnya jenderal jenderal baru terbuka lebar, untuk itu tugas Kapolda dan tokoh-tokoh untuk memastikan agar DOB berjalan lancar dan ini membuka ruang agar putra-putra Papua memiliki jenjang, strata, ruang baik di pemerintahan maupun swasta di posisi strategis,” ucapnya.

“Mari kita kita wujudkan Papua lebih baik dan paling utama tetap berada dibawah naungan NKRI,” sambung Kapolri Jendral Pol Listyo Sigit Prabowo