Pasific Pos.com
Headline Kriminal

KKB Bakar SMK Dibarengi Penembakan Pesawat Ikairos PK- HVV Di Oksibil

Kepulan asap pekat dari gedung sekolah yang dibakar KKB di Oksibil Senin pagi

Jayapura – Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali melakukan aksi kekerasan di Oksibil kabupaten Pegunungan Bintang Papua.

Senin (09/01/2023) sekitar pukul 10.30 WIT, KKB melakukan aksi pembakaran SMKN 1 Oksibil dan selang lima menit kemudian melakukan aksi penembakan terhadap pesawat Ikaros PK-HVV yang akan mendarat.

Saat itu pesawat Ikairos PK-HVV jenis Cargo dengan pilot Tohirin dan orang crew akan landing di Bandara Oksibil dan mendapat gangguan tembakan sebanyak 2 kali. Mendapat serangan akhirnya pilot memutuskan untuk RTB (Road to Base) ke Bandara Tanah Merah.

Komandan Korem (Danrem) 172/PWY Brigjen TNI JO Sembiring kepada wartawan di Makodam membenarkan kejadian ini.

“Mereka terus memancing kita untuk masuk ke mereka. Namun saya sudah memberikan arahan kepada pasukan untuk mengambil langkah langkah taktis yang akan kita lakukan. Dan saya memerintahkan untuk tetap siaga,” ujar JO Sembiring.

Danrem pada kesempatan ini juga membantah adanya pengungsian. “Kami belum mendapatkan laporan adanya pengungsi. Dan untuk layanan penerbangan tetap ada,” ujarnya.

Guna menjaga keamanan dan mengejar pelaku pembakaran anggota gabungan TNI – Polri dipimpin Mayor Arh Soni B.S. Simanjuntak dan AKBP M. Dafi Bustomi SH, SIK. MIK menuju lokasi pembakaran.

Saat ini kondisi di Oksibil aman, namun masyarakat diminta tetap waspada sementara anggota TNI dan Polri tetap siaga.