Pasific Pos.com
Headline Olahraga

Nirwana FC Berhasil Rebut Piala Bergilir Turnamen Futsal Ketua DPR Papua

Ketua DPR Papua, Jhony Banua Rouw, SE saat menyerahkan Piala bergilir Ketua DPR Papua Turnamen Futsal, usai Sidang Paripurna Mendengar Pidato Kenegaraan di Ruang Sidang DPRP, Selasa 16 Agustus 2022. (foto Tiara).

Jayapura : Setelah sepekan menguras tenaga untuk mengikui Turnamen Futsal dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke 77, yang dilaksanakan oleh keluarga besar DPR Papua, akhirnya Tim futsal Nirwana FC dinyatakan lolos sebagai pemenang dan berhasil merebut piala bergilir Ketua DPR Papua.

Dimana dalam babak final, Nirwana FC berhasil mengalahkan tim futsal Bintang Papua dengan skor 5 – 1. Selain meraih piala bergilir Ketua DPR Papua, Nirwana FC juga meraih piala tetap dan uang pembinaan Rp 20 juta.

Sedangkan, Bintang Papua meraih juara II mendapatkan piala tetap dan uang pembinaan Rp 15 juta. Juara III diraih oleh Putra Victory mendapatkan piala dan uang pembinaan Rp 10 juta. Juara IV diraih oleh Naiwara FC dengan mendapagtkan piala dan uang pembinaan Rp 7,5 juta.

Adapun juara harapan I diraih tim Besi Balabu, harapan II diraih Bethania, juara harapan III diraih Squad JB dan juara harapan IV diraih Satpol PP Provinsi Papua. Keempat tim futsal itu, mendapatkan sejumlah uang pembinaan.

Selain itu, dalam Turnamen Futsal DPR Papua Cup ini, top score diraih oleh Yusuf Letsoin dari tim Bintang Papua dengan 16 gol. Ia juga mendapatkan uang pembinaan.

Sementara best player diraih oleh Tim Nirwana FC dan Tim Fairplay diraih oleh Squad JB. Keduanya, mendapatkan uang pembinaan.

Penyerahan hadiah ini, dilakukan langsung Ketua DPR Papua, Jhony Banua Rouw, SE, Sekda Papua, M Ridwan Rumasukun, Wakil Ketua I DPR Papua, Yunus Wonda, Wakil Ketua II, Edoardus Kaize, Wakil Ketua MRP, Kasdam XVII/Cenderawasih, Wakil Ketua Komisi V DPR Papua, Kamasan Jack Komboy, Ketua Komisi III DPR Papua, Benyamin Arisoy, Anggota DPR Papua Yakoba Lokbere dan Anggota Komisi I DPR Papua, Elvis Tabuni, Perwakilan Kejaksaan Tinggi Papua dan Sekretaris DPR Papua yang juga sekaligus Ketua Panitia HUT RI ke 77, DR. Juliana J Waromi, SE. MSi.

Pada kesempatan itu, DPR Papua juga menyerahkan hadiah kepada juara I lomba perahu hias yang diraih peserta nomor 7, juara II diraih peserta nomor 21, juara III diraih peserta nomor 42, juara IV diraih perahu nomor 18, juara V diraih perahu nomor 4 dan juara VI diraih perahu nomor 36.

Usai penyerahan Piala dan hadiah lainnya, Ketua DPR Papua, Jhony Banua Rouw, SE mengaku, jika berbagai perlombaan yang digelar DPR Papua dalam memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke 77, diluar perkiraannya terutama turnamen Futsal dan Perahu Hias.

Sekwan DPR Papua, DR. Juliana J Waromi berpose bersama seluruh staf Sekretariat DPR Papua dengan mengenakan pakaian ornamen budaya Papua

“Ternyata, masyarakat begitu antuias mengikuti perlombaan Turnamen Futsal dan Perahu Hias. Bahkan, masyarakat berkorban untuk menyiapkan atau menghias perahunya. Kalau dihitung, 2 hari pasti mereka tidak melaut, tapi menghias perahu mereka, dengan beli bendera merah putih dan aksesoris lainnya, baju adat yang dipakai dan lainnya,” kata Jhony Banua Rouw kepada sejumlah Wartawan di ruang kerjanya, Selasa 16 Agustus 2022.

Bahkan, Politisi Partai NasDem ini menilai jika antusias warga mengikuti lomba yang digelar DPR Papua itu, menunjukkan partisipasi mereka dalam menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI ke 77.

“Point yang terpenting adalah masyarakat Papua sangat antusias dalam merayakan HUT RI ke 77,” imbuhnya.

Oleh karena itu, tandas Jhony, DPR Papua berkomitmen pada tahun depan akan dilakukan lagi, tentunya dengan kegiatan yang lebih menarik, baik dan meriah.

Untuk itu, Jhony berharap bahwa dalam event itu nanti, akan melibatkan lebih banyak pelaku UMKM, termasuk mama-mama Papua. Pihaknya juga nanti akan melibatkan pihak eksekutif. Bahkan pihaknya akan meminta OPD Pemprov Papua untuk berpartisipasi dengan berbelanja apa yang dijual mama-mama Papua agar merasakan dampaknya.

“Jadi, mama-mama bisa merasakan dampak ekonomi dari kegiatan yang digelar DPR Papua ini,” ucapnya.

Sementara itu ditempat terpisah, Sekretaris DPR Papua, Dr Juliana J Waromi, SE, MSi mengapresiasi warga Kota Jayapura yang terlibat langsung dalam lomba atau turnamen futsal maupun perahu hias.

Menurut Juliana Waromi, ada berbagai lomba yang digelar DPR Papua baik untuk umum maupun khusus keluarga besar DPR Papua dalam menyemarakkan HUT RI ke 77. Dua lomba untuk umum itu, diantaranya futsal dan perahu hias, sedangkan lomba internal diantaranya tarik tambang, makan kerupuk, lari kelereng, pengucapan Panca Prasetya Korpri, fashion show, tiktok dan lainnya, yang berlangsung meriah.

captionx : Wakil Ketua Komisi V DPR Papua, Kamasan Jack Komboy foto bersama Staf Sekretariat DPR Papua dengan mengenakan pakaian budaya Papua

“Kami gelar itu, karena memang sebagai warga negara yang baik, untuk ikut memperingati HUT RI, ya kita harus berpartisipasi menyemarakkannya,” tutur Juliana Waromi.

Tak hanya itu, lanjut Sekwan Juliana Waromi, peringatan HUT RI kali ini, pihaknya melibatkan pihak luar atau masyarakat umum.

Bahkan diakui, dua lomba yang diperuntukkan bagi masyarakat umum itu, disambut antusias warga.

“Sekali lagi kami ucapkan terima kasih. Karena ternyata disambut antusias masyarakat. Sebenarnya kita batasi, tapi karena melihat antusias, maka kita tambah peserta lagi, sehingga membludak. Tapi, saya senang sekali, ternyata kegiatan berlangsung sukses,” ungkapnya dengan wajah berseri seri.

Yang jelas, kata Juliana Waromi, kegiatan yang digelar itu, bukan hanya dilakukan oleh Sekretariat DPR Papua saja, tapi didukung penuh pimpinan dan anggota DPR Papua.

“DPR Papua ini kan rumah rakyat. Ya, kalau melakukan sesuatu, pasti melibatkan masyarakat. Bahkan, nanti kegiatan ini, bukan pada peringatan HUT RI kali ini saja, tapi ke depan pasti akan dilakukan. Nanti kami akan berkoordinasi dengan pimpinan dan anggota DPR Papua,” ujarnya.

Pada kesempatan ini, Sekretaris DPR Papua Juliana Waromi yang juga Ketua Panitia Lomba HUT RI menyampaikan terima kasih kepada seluruh rakyat yang terlibat dalam lomba dalam memeriahkan HUT RI ke 77 di lingkungan DPR Papua.

“Saya Sekretaris DPR Papua bersama seluruh staf mengucapkan Dirgahayu Republik Indonesia ke 77. Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat. Merdeka…,” tandasnya. (Tiara).