Pasific Pos.com
Headline PON Papua 2021

Margaretha Tepati Janji, Sumbangkan 1 Emas untuk Papua di Cabor Selam Kolam

JAYAPURA – Atlet Selam Papua, Margaretha Herawati akhirnya meraih medali emas untuk cabang olahraga Selam Kolam nomor 50 M Bifins Putri, setelah sebelumnya kalah di nomor 100 M Bifins Putri yang pernah membawanya meraih rekor tertinggi di iven Nasional dan Asia.

Di nomor ini, medali emas tak hanya dikalungkan kepada Margaretha Herawati tetapi juga ke Dheya Nazhira Nuramalia. Keduanya meraih Juara 1 bersama dengan catatan waktu yang sama 22.90 detik. Bahkan menjadi rekor baru untuk PON.

Tampil di arena Aquatik, kawasan Stadion Lukas Enembe, Rabu (06/10/2021) pagi, Margaretha yang turun di dua nomor mengaku dalam kondisi tidak prima usai divaksin.

Sehingga meski telah dikalungkan medali emas, namun ia mengaku ini bukan tampilan terbaiknya

“Capaian hasil hari ini, menurut saya tidak terlalu optimal walau saya mendapat medali emas. Efek vaksin membuat badan saya agak meriang,” akunya.

Meski dalam kondisi tidak prima, namun Margaretha bersyukur bisa memberikan yang terbaik.

“Hari ini saya tetap main Faith, karena komitmen saya untuk Papua, saya masih punya tanggung jawab untuk menuntaskan pertandingan di semua iven. Namun jujur kalau dari segi prestasi, saat ini tidak dalam prestasi yang maksimal,” ujarnya.

Ia menceritakan pernah kondisi yang lebih para dari saat ini

“Saya pernah melampaui kondisi yang lebih parah dari ini, saya pernah operasi lutut dan saya vakum selama setahun, dan ketika saya kembali ke kolam saya tetap pecahkan rekor,” akunya optimis bisa memberikan hasil terbaik di nomor apnea yang akan dipertandingkan, Kamis (07/10/2021).

Selain meraih satu emas dari putri, untuk putra Papua juga berhasil menyumbangkan satu medali perunggu oleh Albertus K Raweyai di nomor 200 meter Surface Putra

Untuk Selam Kolam sebanyak delapan nomor putra dan putri dipertandingkan antara lain 200 meter Surface Putra dan Putri, 200 Meter Bifins Putra dan Putri, 50 Meter Surface Putra dan Putri serta 50 meter bifins putra putri.

Dari pertandingan hari ini, selain pemecahan rekor PON dari nomor 50 meter Bifins Putri, juga ada rekor baru lainnya yaitu dari nomor 50 Meter Surface Putri diraih Angelin Soegianto dari Jawa Timur dengan catatan waktu 19.54 detik. Lalu 50 meter Surface Putra diraih Wahyu Anggoro Tamtomo dari Jawa Timur dengan catatan waktu 15.77 detik

Kedua atlet Jawa Timur tersebut berhasil mengawinkan rekor selam kolam di PON XX Papua. (humas pb pon papua)

Artikel Terkait

Hari Terakhir, Papua Kawinkan Emas dari Cabor Selam

Bams

Annisa Fabiola Sumbang Emas Untuk Papua Dari Selam Laut

Bams

Annisa Fabiola persembahkan emas bagi Papua dari fins swimming 6.000 meter putri

Bams

Papua Persembahkan Emas Kedua di Selam Kolam

Bams

Atlet Selam Pemecah Rekor Nasional Gagal Sumbangkan Emas untuk Papua

Bams

Borong Emas di Cabor Kolam Selam, Atlet Jatim Pecahkan Rekor Nasional

Bams