Pasific Pos.com
Info Papua

Kloter 26 UPG Asal Papua Gabung Sulsel, Musa Narwawan: Jaga Semangat Persaudaraan

JCH Kloter 26 asal Papua bergabung bersama JCH asal Sulawesi Selatan sebelum diberangkatkan ke Mekah. (Foto : Istimewa)

Makassar – Kepala Bidang Haji dan Bimas Islam Kanwil Kemenag Provinsi Papua, Musa Narwawan menyampaikan pesan kepada para jemaah calon haji agar menjaga semangat persaudaraan meskipun berasal dari latar budaya yang berbeda antar Papua dan Sulawesi Selatan.

Pesan itu disampaikan Musa saat mendampingi rombongan Jemaah Calon Haji (JCH) Kloter 26 Embarkasi Makassar (UPG-26) asal Papua yang tergabung bersama rombongan JCH asal Sulawesi Selatan.

Sebelumnya, JCH UPG-26 telah tiba dan diterima di Asrama Haji Embarkasi-Debarkasi Makassar, pada Rabu (29/5/2024) malam dan menjalani serangkaian persiapan sebelum diberangkatkan menuju King Abdul Aziz International Airport (KAAIA) Jeddah, pada Kamis (30/5/2024) pukul 20:05 WITA.

Musa Narwawan menambahkan jika Kloter UPG-26 gabungan ini merupakan hal yang luar biasa. Sebab menurutnya dengan kloter gabungan tersebut, JCH memiliki banyak saudara baru yang tentu akan saling menambah semangat JCH dalam menunaikan ibadah selama di Tanah Suci nantinya.

“Justru disinilah keuntungan Kloter UPG-26 ini, sebab jemaah kita akan bertambah kenalan dan memperluas persaudaraannya dari provinsi lain, yakni jemaah Sulsel yang berasal dari 8 Kabupaten/Kota,” ujarnya.

Musa Narwawan juga berpesan kepada JCH UPG-26 khususnya dari Papua, agar memanfaatkan fasilitas yang disiapkan oleh Asrama Haji untuk memperdalam dan memperlancar pemahaman terkait ibadah haji, serta menjaga kondisi fisik agar tetap sehat sebelum diberangkatkan esok hari.

Berikut rincian kuota JCH Kloter UPG-26 asal Papua yang berjumlah 167 jemaah berdasarkan data Siskohat :

1. Kabupaten Merauke sebanyak 127 jemaah.
2. Kabupaten Mappi sebanyak 32 jemaah.
3. Kabupaten Paniai sebanyak 6 jemaah.
4. PHD sebanyak 2 jemaah.
5. TPIHI sebanyak 1 jemaah.
6. TKHI sebanyak 2 jemaah.