Pasific Pos.com
Info Papua Kabupaten Jayapura

Karel Suebu Ditunjuk Sebagai Karateker Ketua DPD KNPI Kabupaten Jayapura

Ketua DPD KNPI Papua, Benyamin Gurik saat menyerahkan SK Ketua Karateker DPD KNPI Kabupaten Jayapura kepada Karel Suebu.

SENTANI – Karel Suebu ditunjuk sebagai Karateker Ketua Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia ( DPD KNPI) Kabupaten Jayapura selama tiga bulan ke depan guna melaksanakan konsolidasi organisasi di Bumi Khena mbai umbai. Penunjukan karateker berdasarkan SK yang telah diserahkan Ketua Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia ( DPD KNPI) Papua Benyamin Gurik kepada Karel Suebu di Sentani, Jumat (27/5/2022) sore.

Ketua DPD KNPI Papua, Benyamin Gurik mengatakan, penunjukan Karel Suebu sebagai Karateker KNPI Kabupaten Jayapura berdasarkan hasil rapat pengurus harian KNPI Papua. Penunjukan karateker KNPI Kabupaten Jayapura juga bagian dari penyelamatan organisasi pemuda secara menyeluruh hingga pada tingkat Distrik.

“Tugas karateker ini, melakukan konsolidasi-organisasi. Melakukan evaluasi terhadap perangkat organisasi yang berhimpun di KNPI, mengevaluasi pelaksanaan tugas-tugas dan organisasi hingga ketingkat distrik, pengurus nya ada atau tidak ada. Lalu terus kemudian berkomunikasi dengan organisasi kepemudaan yang ada di kabupaten jayapura,” kata Benyamin Gurik di Sentani, Jumat ( 27/5/2022) sore.

Dikatakan, kevakuman pengurus KNPI Kabupaten Jayapura sejak dilantik pada 2018 lalu hingga pada saat ini. Melalui rapat pengurus harian pada pertengahan januari lalu dan sejumlah pertemuan penting lainnya antar pengurus, Ketua KNPI Kabupaten Jayapura telah disurati secara resmi untuk menghadiri pertemuan tersebut tetapi tidak diindahkan.

Menurutnya, salah satu dasar bagi pengurus Provinsi untuk mengambil langkah menetapkan karateker dan itu sesuai dengan AD/ART organisasi.

Benyamin juga mengatakan, pihaknya pada rangkaian kegiatan beberapa lalu telah bertemu dengan Bupati Jayapura dan mempertanyakan nasip organisasi KNPI di Kabupaten Jayapura yang tidak ada kabar dan kegiatan selama masa periode berjalan.

Bupati Jayapura menyarankan agar segera dilakukan konsolidasi organisasi oleh KNPI Papua agar potensi pemuda di Daerah ini tetap berjalan seperti biasa.

“Dengan adanya karateker yang dalam waktu tiga bulan ke depan melaksanakan tugas-tugas penting di daerah ini bersama pemuda, kami sangat berharap dukungan dari semua pihak. Terutama para senior pemuda agar dapat memberikan dukungan penuh bersama tim kerja, ” jelasnya.

Sementara itu, Karateker KNPI Kabupaten Jayapura, Karel Suebu mngatakan, langkah awal setelah mendapat SK Ketua Karateker DPD KNPI Kabupaten Jayapura, dengan rentan waktu tiga bulan kedepan adalah melaksanakan konsolidasi organisasi, dan pleno pertama DPD KNPI Kabupaten Jayapura yang didalam nya akan memutuskan seluruh SK kepengurusan KNPI pada 19 Distrik di Kabupaten Jayapura, lalu memutuskan ketua Komite Organisasi ( OC) dan Steering Komite ( SC) steering commite.

Selanjutnya, penetapan waktu pelaksanaan Rapat Pimpinan Purna Daerah ( Rapimpurda) dan Musyawarah Daerah ( Musda) KNPI Kabupaten Jayapura.

“Dengan limit waktu tiga bulan ke depan, pada pekan kedua agustus 2022 kita pastikan sudah ada ketua DPD KNPI Kabupaten Jayapura yang devinitif. Koordinasi dengan pemerintah daerah sejauh ini berjalan baik dan atas dukungan Bupati Jayapura, konsolidasi organisasi pemuda akan berjalan sebagaimana mestinya, ” tukas Karel.