Pasific Pos.com
Kabupaten Jayapura

Jelang KMAN VI 2022 di Tanah Tabi, Yanto Eluay Sebut Tokoh Adat Papua Komit Dukung Kamtibmas

Ondofolo Kampung Sereh, Yanto Khomlay Eluay

SENTANI – Pelaksanaan Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) VI tahun 2022 tinggal sebulan lebih, jelang kongres adat tersebut saat ini sudah mulai terasa gaungnya di tengah-tengah masyarakat yang telah dilakukan oleh Panitia Lokal KMAN VI Kabupaten Jayapura dengan cara melakukan sosialisasi maupun dialog, sehingga suasana aman, nyaman dan damai harus dijaga sebelum hingga sesudah pelaksanaan KMAN VI yang dipusatkan di Wilayah Adat Tabi, Jayapura, Papua.

Oleh sebab itu, salah satu Tokoh Adat Papua asal Kabupaten Jayapura, Yanto Khomlay Eluay menyatakan sikapnya untuk mendukung situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang kondusif di Papua terutama Wilayah Adat Tabi menjelang pelaksanaan Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) VI 2022 di Tanah Tabi, Jayapura, Papua.

“Terkait situasi secara umum di Kabupaten Jayapura dalam rangka pelaksanaan Kongres Masyarakat Adat Nusantara keenam di Tanah Tabi – Papua ini, kami tokoh-tokoh adat sudah berkomitmen menjaga dan menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif. Supaya tamu-tamu kita, saudara-saudara kita dari seluruh Nusantara tidak terganggu dengan situasi yang ada di Papua saat ini,” ungkap Ondofolo Sereh Yanto Eluay ini saat memberikan keterangan kepada awak media, Jumat (16/9/2022).

Ditegaskan pula, keselamatan para tamu KMAN VI itu menjadi harga diri, wibawa dan kehormatan bagi pemangku adat selaku pemilik Wilayah Adat Tabi.

Untuk itulah, diharapkan semua pihak bisa saling menjaga situasi Kamtibmas untuk memastikan kenyamanan para tamu yang akan datang.
.
“Mari kita tunjukkan, bahwa kita masyarakat Papua merupakan masyarakat yang beradab, santun dan bermartabat agar menjaga Papua ini menjadi baik dan aman ke depan jelang pelaksanaan KMAN VI,” ajak Yanto Eluay.

Artikel Terkait

Menelusuri Tempat Pelaksanaan KMAN di Wilayah Adat Danau Sentani

Jems

PUPR Kabupaten Jayapura Bangun Tempat Serasehan di Ayapo

Jems

Dukung Konsumsi Jelang KMAN, Masyarakat Kampung Yokiwa Buat Bukhere

Jems

Sekilas Mengenal Kampung Injros di Kota Jayapura

Jems

Tamu Sarasehan KMAN VI Tak Perlu Khawatir Dengan Keamanan di Kampung Ayapo

Jems

Obhe Dondai Tak Mampu Muat Banyak Orang

Jems

Masyarakat Dondai Siapkan 13 Perahu Motor Tempel Selama KMAN

Jems

Jelang KMAN, Kampung Dondai Belum Miliki Sarana Kesehatan

Jems

Kampung Dondai Siap 14 Rumah untuk 160 Peserta Serasehan KMAN

Jems