Pasific Pos.com
Ekonomi & Bisnis

Ini Rute KM Labobar dan KM Dobonsolo

Pelabuhan di Papua Menurun
Kapal penumpang milik PT Pelni saat mengangkut penumpang keluar Pelabuhan Jayapura.

Jayapura – Dua kapal Pelni kembali mengangkut penumpang keluar Jayapura.

Kepala PT Pelni Cabang Jayapura, Harianto Sembiring mengatakan,dua kapal yaitu KM Labobar yang diperkirakan tiba di Pelabuhan Jayapura Selasa (7/7/2020) dan KM Dobonsolo diperkirakan tiba Kamis (9/7/2020).

Adapun rute pelayaran KM Labobar dari Jayapura ke Serui, Manokwari, Sorong, Ternate, Bitung, Pantoloan, Balikpapa, Surabaya. Rute KM Dobonsolo dari Jayapura ke Serui, Sorong, Ambon, Bau Bau, Makassar, Surabaya dan Jakarta.

“Rute normal KM Labobar masuk Nabire, tetapi sejak pandemi Covid-19 hingga kini, pelabuhan laut Nabire belum dibuka untuk penumpang, jadi kita lewati,” ucapnya.

Harianto menyebutkan dua kapal tersebut membawa 1200 orang masing-masing 700 orang di KM Labobar dan 500 orang di KM Dobonsolo. Pihaknya pun telah membuka penjualan tiket, namun ia mengingatkan kepada calon penumpang untuk melengkapi persyaratan sesuai standar protokol kesehatan.

“Kapal kembali mengangkut penumpang masih dalam masa pandemi Covid-19, jadi persyaratan harus dilengkapi sesuai petunjuk teknis dari Pemerintah Provinsi Papua, salah satunya rapid test non reaktif,” ujar Harianto, di Kantor Pelni Cabang Jayapura, Senin (6/7/2020).

Harianto menyebutkan bahwa bagi calon penumpang yang belum melakukan rapid test, dapat melakukan rapid secara mandiri di lingkungan kantor penjualan tiket kapal penumpang Pelni.

“Ada petugas kesehatan yang menyediakan tempat untuk calon penumpang melakukan rapid secara mandiri, biayanya Rp325.000 per orang, harga ini belum termasuk tiket,” jelas Harianto.

Terkait jumlah penumpang yang diangkut masuk dan keluar Jayapura, Harianto menyebutkan, sesuai Surat Edaran Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Nomor 41 Tahun 2020, kapal Pelni dapat mengangkut penumpang sesuai kapasitas yaitu 1.000 dan 2.000 orang.

“Sudah diperbolehkan mengangkut penumpang sesuai kapasitas, tetapi tidak boleh lebih karena mengikuti protokol kesehatan,” terangnya.

Artikel Terkait

Semester Satu, Penumpang Kapal Pelni Turun 90 Persen

Zulkifli

Arus Keluar Masuk Orang Melalui Dua Pelabuhan di Papua Menurun

Zulkifli

2.682 Orang Tinggalkan Jayapura Gunakan Dua Kapal Pelni

Zulkifli

KM Gunung Dempo Tiba Jumat, Angkut Penumpang ke Tujuan Ini

Zulkifli

Ribuan Orang Telah Keluar Jayapura

Zulkifli

Kembali Angkut Penumpang, Ini Rute Pelayaran KM Dobonsolo

Zulkifli

Pelni Jayapura Belum Buka Loket Penjualan Tiket

Zulkifli

DPR Papua Minta Dinas Perhubungan Segera Buat Juknis Pembatasan Pelayaran Penumpang

Tiara

Soal Bawa Penumpang, Pelni Tunggu Juknis Pemprov Papua

Zulkifli