Pasific Pos.com
Kota Jayapura

Hans Bisay: Mau Jadi Anggota PWI, Wajib Ikut OKK dan UKW

Jayapura – Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Papua, Hans Bisay membuka kegiatan Orientasi Kewartawanan dan Keorganisasian (OKK) yang diselenggarakan PWI di Jayapura, Selasa (28/5/2024).

Hans dalam sambutannya mengatakan bahwa pentingnya Uji Kompetensi Wartawan (UKW) serta Orientasi Kewartawanan dan Keorganisasian (OKK) bagi wartawan yang ingin menjadi anggota PWI.

“Untuk menjadi anggota PWI salah satu syarat mutlak selain harus lulus uji kompetensi wartawan aturan baru harus bersertifikat OKK,” tegas Hans.

Dikatakannya, di PWI keanggotaan itu ada muda dan biasa. Untuk menjadi anggota muda, wajib punya sertifikat OKK karena ini sarat dasar.

Hans menambahkan, semoga dalam kegiatan OKK ini, wartawan di Jayapura dapat memahami dan menjadi wartawan profesional, bertanggung jawab dan kompeten. Jadi, OKK wajib diikuti oleh seluruh anggota PWI demi meningkatkan kompetensi,’ pungkasnya.

Sementara Ketua panitia kegiatan OKK, Dian Kandipi mengungkapkan, kegiatan OKK ini dilaksanakan tak lain meningkatkan profesionalisme wartawan Papua dalam melakukan kegiatan peliputan.

Kegiatan ini menggandeng PWI kemudian peserta para calon anggota maupun anggota PWI Provinsi Papua yang juga merupakan wartawan.

“Tema yang diusung meningkatkan profesionalisme dan membentuk karakter wartawan melalui kegiatan OKK ini para peserta akan mendapatkan pengetahuan terkait Kode Etik Jurnalis,(KEJ) dan Kode Perilaku Wartawan,(KPW), Sejarah wartawan , Peraturan Dasar/Peraturan Rumah Tangga,(PD/PRT) , pengetahuan umum tentang jurnalistik dan hukum pers ,” ungkapnya.

Kegiatan ini turut dihadiri, Kabidhumas Polda Papua, Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo, Kepala dinas Kominfo Kabupaten Jayapura, Gustaf Griapon, Ketua bidang organisasi PWI Pusat, Zulmansyah. (Paskarimba. A)