Pasific Pos.com
Papua Selatan

Fokus Laksanakan Tahapan Kerja, ‘Bawaslu Merauke Terus Jalin Koordinasi’

Bawaslu Merauke
Ketua Bawaslu Merauke, Oktofina Amtop, S.Sos (foto:iis)

MERAUKE,ARAFURA,-Bawaslu Kabupaten Merauke terus berupaya fokus dengan berbagai tahapan program kerja dalam menyongsong momen besar pada Bulan Desember nanti. Sebab tanpa terasa momentum Pilkada tidak lama lagi akan berlangsung sehingga Bawaslu mulai gencar melakukan sejumlah persiapan dan pelaksanaan di lapangan. Seperti yang diketahui beberapa tahapan mulai dilakukan khususnya setelah new normal resmi diberlakukan pemerintah.

Ketua Bawaslu Merauke, Oktofina Amtop, S.Sos mengemukakan bahwa saat ini sudah memasuki tahap coklit sehingga pihaknya beberapa waktu lalu telah mengaktifkan anggota Panwas Tingkat Distrik dan kemudian dilanjutkan dengan pembentukan PKD. Pihaknya juga telah memberikan sosialisasi kepada PKD terkait dengan fungsi dan tugas yang diemban sesuai dengan aturan yang berlaku. “Kami telah menugaskan petugas-petugas kami dari Panwas Distrik untuk memberikan pembekalan dan selanjutnya tetap melakukan pengawasan yang melekat terhadap PPDP saat pencoklitan,”jelas Oktovina kepada ARAFURA News di ruang kerjanya Kamis lalu.

Lebih lanjut ia mengemukakan, untuk kendala yang signifikan sama sekali tidak dihadapi oleh petugas. Hanya saja mereka melaporkan tentang warga yang tidak berada di rumah ketika pencoklitan akan dilakukan sehingga petugas harus kembali lagi keesokan harinya. Selebihnya, semua dapat berjalan dengan lancar dan petugas secara rutin selalu memberikan laporan kepada pihak Bawaslu. Hal ini penting sehingga komunikasi dan koordinasi tetap terjalin sehingga ketika ada hal-hal yang dinilai urgen untuk ditindak lanjuti maka dapat segera dikonfirmasikan.

Terkait dengan PKD, koordinasi yang dilakukan selama ini sifatnya berjenjang dengan melalui Panwas Distrik dan selanjutnya Panwas meneruskan kepada Bawaslu Kabupaten. Dengan demikian semua catatan penting selama petugas melakukan pencoklitan tetap dilaporkan sehingga ada koordinasi antara PPD dan Panwas Distrik berdasarkan laporan dari pihak PKD tersebut.

Artikel Terkait

Kunjungi Waropen, Frits Siregar Cek Kesiapan Pilkada dan Sosialisasikan Prodak Hukum Bawaslu

Afrans

Termasuk Pidana, Money Politik Tetap Diproses

Arafura News

Sempat Vacum Karena Pandemi, Panwaslu 20 Distrik Kembali Diaktifkan

Arafura News

Tahapan Tertunda, Bupati Waropen Temui Bawaslu dan KPU

Afrans

Fritz Edward: Bawaslu Hadir Untuk Menjaga Pemilihan Berjalan Baik

Arafura News