Pasific Pos.com
Papua Selatan

Dekat Dengan Masyarakat Lewat Desa Binaan

0405211
Mayonif Raider 755 yang berada di Distrik Semangga (foto:iis)

MERAUKE,ARAFURA,-“Kehadiran kita di sini ada gunanya, jadi kita berfungsi, tidak hanya bertugas begitu saja lalu selesai dan kembali ke daerah asal. Oleh sebab itu program desa binaan dijalankan guna mendekatkan kita dengan masyarakat,”demikian diungkapkan Danyonif Raider 755/Yalet, Letkol Inf. Afrianto Dolly, S.M,M.Si saat ditemui ARAFURA News di ruang kerjanya.

Ia menjelaskan, fokus kegiatan pada desa binaan di setiap wilayah tugas Kompi termasuk selama Bulan Ramadhan ini dengan melaksanakan Shalat Tarawih bersama masyarakat. Sedangkan di luar Bulan Ramadhan, para prajurit rutin melakukan Shalat Jumat di masjid-masjid yang ada di desa binaan. Adapun jumlah personil yang dikerahkan mencapai 20 hingga 25 orang dan dipimpin langsung oleh Danton maupun Danki.

Desa binaan yang terjauh berada di sekitar kebun coklat dan dihandel langsung oleh Kompi B. Menurutnya, program desa binaan yang selama ini berjalan direspon positif oleh masyarakat karena tidak hanya mendekatkan masyarakat dengan TNI tetapi juga dapat memberikan rasa aman.

“Masyarakat sangat terbuka menerima kita bahkan mengharapkan agar dapat disambangi setiap hari. Dengan kehadiran personil diharapkan juga dapat memberikan rasa aman sehingga tidak ada lagi orang yang mabuk-mabukkan atau melakukan tindakan kriminal.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, kegiatan lain yang difokuskan pada desa binaan adalah karya bakti, pengobatan gratis dan lain sebagainya. Tidak jarang masyarakat datang langsung ke Mayon untuk meminta bantuan darah ketika mereka membutuhkan untuk keluarga yang sedang sakit.( Istya Sari Utami )**

Artikel Terkait

Kepedulian Danyonif Raider 755/Yalet

Afrans