Pasific Pos.com
Kota Jayapura

Danlantamal X: Tak Ada Prajurit Tua Yang Ada Prajurit Mati

Jayapura – Komandan Lantamal X, Brigjen TNI (Mar) Ludi Prastyono, M.Tr. Opsla memimpin Wisuda Purna Bakti (WPB) Prajurit Lantamal X Tahun 2023 dan Tahun 2024, bertempat di Aula Samudra Loka Mako Lantamal X, Jl. Amphibi, Hamadi Jayapura Papua. Rabu (07/02/2024).

Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Lantamal X Jayapura. “Saya tambahkan kepada rekan-rekan semunya, bahwa ini adalah bentuk ucapan terimakasih karena telah melaksanakan tugas, ingat tidak ada Prajurit tua yang ada Prajurit Mati,” tegasnya Danlantamal dalam sambutannya.

Dikatakan, purna bhakti atau purna tugas atau juga biasa disebut “pensiun” adalah suatu keadaan yang akan dilalui oleh seluruh aparatur Negara baik Militer maupun sipil yang telah menunaikan tugas pengabdiannya sampai dengan batas usia yang sudah ditentukan dalam masa kedinasan  sebagaimana diatur dalam undang-undang TNI No. 34 tahun 2004 tentang usia pensiun anggota TNI yang berlaku dinegara Kita.

Brigjen Ludi menambahkan tidak semua prajurit ataupun personel aparatur negara baik militer maupun sipil dapat menuntaskan atau melalui masa kedinasannya sampai dengan memasuki masa purna bhakti atau pensiun.

“Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor berupa tantangan, situasi maupun kondisi yang dialami oleh setiap personel yang tentunya berbeda beda.” Kata Danlantamal X.

Oleh karena itu hal tersebut merupakan sesuatu yang patut kita syukuri karena sebagai seorang prajurit kita mampu melewati dan melaksanakan masa pengabdian kita dikedinasan hingga purna tugas.

Untuk itu Lanjut Brigjen Ludi, sebagai wujud penghargaan kepada 10 Personel Lantamal X dan jajaran yang memasuki masa purna, maka Lantamal X melaksanakan acara wisuda purna bhakti sebagai ungkapan rasa syukur, sekaligus acara tradisi penghormatan dan ucapan terima kasih kepada Bapak/Ibu sekalian karena sudah turut berkontribusi positif setia dan disiplin hingga memasuki masa purna sebagai prajurit Lantamal X.

“Juga tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada keluarga bapak dan ibu sekalian yang sudah mendukung selama melaksanakan masa kedinasan di Lantamal,” ujarnya.

Dengan harapan tali silaturahmi dan hubungan yang baik ini senantiasa akan terus terjalin dan terjaga demi mewujudkan Lantamal X yang semakin profesional dan solid serta mampu melaksanakan semua tugas pokoknya di wilayah Papua dengan baik, aman dan lancar serta mampu memberikan kontribusi yang nyata bagi kemajuan Papua, Bangsa dan Negara.

Acara makin terasa haru saat para purnawirawan di lepas dengan jajaran sambil memberikan penghormatan dan berlinang air mata perpisahan sampai di pintu gerbang Mako Lantamal X.

Adapun daftar nama prajurit yang Purna Bakti sebagai berikut  Letda Laut (KH/W) Har Hartini Nusy, Letda Laut (P) Har Darmaji,  Letda Laut (P) Har Mahmudi, Peltu AL Husein Reinmur, Peltu AL Mahendro Setyadi, Sertu AL  Ahmad Rumateor, Koptu AL Elimelekh Kawer, Kopda AL Jefri Leonard, Serma AL Pirnandi, Kopka AL Hans Rumbiak.