Pasific Pos.com
Headline Info Papua

Bertemu MRP dan DPRP, Wapres Ajak Penguatan Kolaborasi Majukan Kesejahteraan Papua

Wapres RI KH Ma'ruf Amin memberi arahan di GKN Jayapura, Selasa 29 November 2022. (Foto : Istimewa)

Jayapura – Wakil Presiden Republik Indonesia, KH Ma’ruf Amin mengatakan bahwa adanya Daerah Otonom Baru (DOB) yang menghadirkan provinsi-provinsi baru di Papua menjadi game changer atau perubahan signifikan yang mampu meningkatkan pembangunan dan kualitas publik di Papua.

“Kehadiran provinsi baru ini agar disikapi sebagai game changer yang akan mengubah desain pembangunan dan pelayanan publik, sehingga lebih dekat ke akar rumput,” jelasnya.

Lebih lanjut, Wapres mengajak masyarakat Papua untuk meningkatkan semangat dan niat dalam memberikan hasil yang optimal bagi pembangunan kesejahteraan masyarakat Papua.

“Mari kita niatkan kita ingin memulai membangun Papua dengan semangat yang baru, tekad yang baru, desain baru, dan akan menghasilkan hasil yang optimal untuk Papua,” ajak Wapres di Gedung Keuangan Negara (GKN) Jayapura, Papua, Selasa (29/11/2022).

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian meresmikan tiga daerah otonom baru (DOB) di Papua, yaitu Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Tengah, dan Provinsi Papua Pegunungan pada Jumat (11/11/2022). Peresmian DOB tersebut dilakukan di Kantor Kementerian Dalam Negeri, Jakarta.

Bersamaan dengan peresmian tiga DOB, Mendagri sekaligus melantik tiga Penjabat Gubernur. Ketiganya adalah Apolo Safanpo sebagai Penjabat Gubernur Papua Selatan, Nikolaus Kondomo sebagai Penjabat Gubernur Papua Pegunungan, serta Ribka Haluk sebagai Penjabat Gubernur Papua Tengah.(Red/Setwapres)