Pasific Pos.com
Headline Info Papua

Wapres Resmikan Sekretariat BPP di GKN Jayapura, Ajak Semua Pihak Optimalkan Kemitraan

Wapres RI KH Ma'ruf Amin didampingi Sekda Papua, Pimpinan DPR Papua dan Pimpinan MRP menabuh tifa tanda diresmikannya Sekretariat BPP di GKN Jayapura, Selasa 29 November 2022. (Foto : Istimewa)

Jayapura – Wakil Presiden Republik Indonesia, KH Ma’ruf Amin meresmikan operasional Sekretariat Badan Pengarah Papua (BPP) yang berada di Gedung Keuangan Negara (GKN) Jayapura, Selasa (29/11/2022). Peresmian tersebut ditandai dengan penabuhan tifa dan pengguntingan pita.

“Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, Sekretariat Badan Pengarah Papua, saya nyatakan diresmikan,” ucap Wapres.

Wapres berharap, kehadiran BPP ini semakin memperkuat percepatan pembangunan Otonomi Khusus Papua.

Diketahui, pada 21 November 2022, Provinsi Papua baru saja memperingati Hari Otonomi Khusus (Otsus). Tanggal tersebut menandakan memasuki 21 tahun pelaksanaan Otonomi Khusus Papua. Untuk itu, diperlukan penguatan kolaborasi antarpemangku kepentingan dalam mendorong kemajuan kesejahteraan masyarakat Papua.

“Saya mengajak semua pihak untuk memperkuat pola sinkronisasi, harmonisasi, dan koordinasi, di tingkat pusat, provinsi, juga kabupaten/kota, termasuk mengoptimalkan kemitraan dengan para pihak terkait lainnya,” ujar Wapres.

Dalam kesempatan tersebut, Wapres memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah beserta MRP dan DPRP yang telah mengelola perkembangan otsus dan mengharapkan peningkatan kinerja bersama di masa yang akan datang.

“Saya mengapresiasi Pemda Papua, DPRP, dan MRP, yang telah mengelola otsus dengan segala dinamikanya. Saya harap kinerja bersama ini dapat semakin ditingkatkan ke depan,” pesan Wapres.

Menurut Wapres, seluruh upaya yang dilakukan untuk menciptakan kedamaian dan inklusivitas bagi masyarakat Papua.

“Kita semua ingin mewujudkan Tanah Papua yang inklusif dan damai,” ucapnya.

Turut mendampingi Wapres Kepala Sekretariat Wapres, Ahmad Erani Yustika, Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi, Muhammad Imam Aziz, dan Robikin Emhas; serta Tim Ahli Wapres Nurdin Tampubolon dan Johan Tedja Surya.

Peresmian Sekretariat BPP dihadiri Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Wetipo, Sekretaris Daerah Provinsi Papua Muhammad Ridwan Rumasukun, Pangdam XVII/Cendrawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa, Ketua Majelis Rakyat Papua Timotius Murib, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Papua Johny Banua Rouw, dan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Papua.(Red/Setwapres)