Pasific Pos.com
Kabupaten Jayapura

Benhur Tomi Mano di Kukuhkan Sebagai Calon Gubernur Papua Tabi

Walikota Jayapura Benhur Tomi Mano saat dipasangkan topi Mahkota oleh Ketua Dewan Presidium Masyarakat Adat Tabi, Ismael Mebri sebagai tanda dikukuhkannya jadi Gubernur Papua Tabi

SENTANI – Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano di kukuhkan sebagai (calon) Gubernur Papua Tabi oleh Ketua Dewan Presidium Masyarakat Adat Tabi, Ismael Mebri.

Pengukuhan itu dilakukan pada penutupan Kongres Besar I Masyarakat Adat Tabi, berdasarkan hasil rapat di komisi-komisi pada pelaksanaan kongres yang berlangsung kurang lebih lima hari tersebut untuk mendukung Benhur Tomi Mano sebagai calon Gubernur Papua Tabi.

Pengukuhan yang digelar di Pendopo Igwa-igwa Ondikeleuw Haleufoiteuw Hele Wabhouw, Kampung Sereh, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat (24/9/2021) juga dihadiri Anggota MRP dari Pokja Agama Dorlince Mehue, para Ondoafi/Ondofolo, kepala suku, tokoh perempuan, tokoh pemuda, unsur agama dan represif masyarakat adat Tabi yang mendiami wilayah Kabupaten/Kota Jayapura, Kabupaten Keerom, Kabupaten Sarmi dan Kabupaten Mamberamo Raya.

Usai dikukuhkan, Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano kepada wartawan menyampaikan ucapan terima kasih dan memberi apresiasi kepada Dewan Presidium Masyarakat Adat Tabi melalui Ketua Dewan Presidium Masyarakat Adat Tabi Ismael Mebri yang telah memberikan kepercayaan besar kepada dirinya.

Untuk itu, pria yang akrab disapa BTM ini mengajak kepada seluruh masyarakat adat Tabi harus mendukung siapapun anak Tabi yang mempunyai niat dan keinginan untuk memajukan Tabi. “Saya memberikan apresiasi, mungkin mereka melihat. Tapi, ada orang-orang Tabi hebat juga ke depan yang mungkin punya unggulan lebih dari saya itu harus didukung. Yang penting siapapun (orang) Tabi, yang ingin memajukan Tabi mari kita dukung,” ujarnya.

Sementara itu, Ismael Mebri selalu Ketua Dewan Presidium Masyarakat Adat Tabi yang baru juga dikukuhkan pada saat pelaksanaan Kongres Besar I Masyarakat Adat Tabi mengatakan, pengukuhan itu berdasarkan kesepakatan bersama pada saat rapat komisi-komisi dalam pelaksanaan Kongres Besar I Masyarakat Adat Tabi.

“Jadi itu bukan kebijakan atau kemauan saya pribadi, tapi itu berdasarkan kesepakatan kami bersama sesuai hasil rapat komisi-komisi. Karena seluruh pengurus maupun masyarakat adat Tabi sepakat harus ada anak Tabi yang dimajukan,” ucapnya.

“Kami sepakati itu untuk mempersiapkan figur terbaik anak Tabi, guna memimpin Tabi kedepannya. Karena bapa Tomi Mano layak didukung dan itu semua sudah terbukti,” tutup Ismael Mebri.

Artikel Terkait

Walikota Jayapura Tutup Kongres Besar I Masyarakat Adat Tabi

Jems

Prosesi Adat Patah Panah Awali Perdamaian Perang Saudara Kampung di Tolikara

Afrans