Pasific Pos.com
Sosial & Politik

Bawaslu Temukan Sejumlah Pelanggaran Pada Pilkada Boven Digoel

Anggota Bawaslu Papua, Ronald Manoach

BOVENDIGOEL – Sejumlah pelanggaran ditemukan tim supervisi Bawaslu saat pemungutan suara Pilkada Susulan Kabupaten Boven Digoel, Senin (28/12/2020).

Anggota Bawaslu Papua, Ronald Manoach yang ditemui di salah satu TPS di Kampung Sokonggo menyebut ada temuan penyalahgunaan C Pemberitahuan dengan bukti uang di salah satu TPS.

“Temuan ini sudah kita klarifikasi, dimana 6 orang telah kita mintai keterangan, ada sejumlah uang dan kita sudah kantongi nama pemberi juga penerimanya,” kata Ronald.

Bawaslu juga akan melakukan penyelidikan lebih dalam terhadap keterlibatan tim, bahkan penyelenggara terkait penyalahgunaan C pemberitahuan ini.

“Ini sudah masuk di Gakkumdu, semua akan diperiksa dan kita akan tindak lanjuti,” katanya.

Selain itu, dari pengawasan di sejumlah TPS, Bawaslu mendapati banyaknya kekurangan surat suara serta adanya upaya mobilisasi massa dan dugaan money politik.

“Kita dapat informasi itu, sehingga kita langsung turun dan mengecek langsung di sini,” kata Ronald enggan memberi penjelasan lebih.

Kata Ronald, pengawasan terhadap pelaksaan Pemungutan Suara Pilkada Susulan di Kabupaten Boven Digoel telah dilakukan Bawaslu Boven Digoel dan tim Supervisi sejak H-1.

“Sejam semalam kita sudah turun ke sejumlah tempat, untuk memastikan semua tahapan yang dilakukan KPU berjalan dengan baik, termasuk pengawasan dugaan-dugaan pelanggaran,” kata Ronald.

Untuk diketahui, Pilkada Susulan Kabupaten Boven Digoel diikuti 4 pasangan calon. Pelaksaan Pilkada yang sebelumnya dilakukan serentak pada 9 Desember sempat ditunda ke tanggal 28 Desember lantaran menunggu putusan sengketa salah satu paslon.

Artikel Terkait

Pilkada Boven Digoel : Hasil rekapitulasi 17 distrik, Yusak-Yakob Unggul

Bams

Pleno Rekapitulasi Pilkada Boven Digoel 1 Januari 2021

Bams

Pilkada Boven Digoel Berjalan Lancar

Arafura News

Pemilih Pilkada Boven Digoel Tinggi

Bams

KPU Distribusi Logistik Pilkada Boven Digoel

Bams

KPU Tunggu 1284 Lembar Pengganti Surat Suara Rusak Pilkada Boven Digoel

Bams

Masih Terima Gaji ASN, DKPP Berhentikan Sementara Ketua KPU Boven Digoel

Bams

Pilkada Boven Digoel Tanggal 21 Desember 2020

Bams

Rusuh Boven Digoel Dinilai Disebabkan Ulah KPU RI

Tiara