Pasific Pos.com
Sosial & Politik

Pemilih Pilkada Boven Digoel Tinggi

Ketua KPU Papua, Theodorus Kossay

BOVENDIGOEL – KPU Papua selaku KPU Boven Digoel menyebut tingkat partisipasi pemilih saat pungut hitung Pilkada Kabupaten Boven Digoel, terbilang tinggi dan jauh dari kekhawatiran sebelumnya.

Ketua KPU Papua, Theodorus Kossay yang ditemui di TPS 02, Kampung Mewon Distrik Mandobo, Senin (28/12/2020) sore mengatakan, hal itu sebagaimana hasil sementara supervisi KPU di sebagian besar TPS yang berlokasi di Kota Tanah Merah dan sejumlah Distrik lainnya.

“Jadi kekhawatiran partisipasi pemilih rendah, ternyata kondisi yang terjadi justru sebaliknya, pemilih cukup banyak, ini terbukti dengan antusias masyarakat yang sejak pagi mengantri untuk memberikan hak suaranya,” kata Theo.

KPU juga optimis, di distrik lainnya yang berada jauh dari Kota Tanah Merah, juga mengalami hal yang sama, apalagi sebagian besar masyarakat lebih banyak berada ditempat, ketimbang ke luar daerah.

Sehingga terkait dengan partisipasi Pemilu di Kabupaten Boven Digoel, kata Theo, KPU berharap tinggi dan hal itu akan terlihat saat rekap tingkat Kabupaten pada 5 Januari 2021 mendatang.

Apalagi target nasional untuk partisipasi pemilih sebesr 77,5 persen. Sementara untuk Papua pada Pilkada 10 Kabupaten 9 Desember lalu, jumlah partisipasi pemilih mencapai 95 persen.

“Jadi harapan KPU, untuk Boven Digoel juga demikian,” kata Theo.

Terkait pelaksaan pungut huting di Kabupaten Boven Digoel, Theo menyebut secara keseluruhan berjalan baik, anan dan terkendali. Hal itu juga tidak terlepas dari kerjasama dan koordinasi intens Penyelenggara, pihak keamanan dan masyarakat pemilih khususnya.

“Tadi kami pantau, masyarakat sangat antusias mengantri di TPS, dengan tetap mengikuti protocol kesehatan, mereka menunggu giliran untuk mencoblos,” kata Theo.

Ia menambahkan untuk rekap tingkat TPS ini akan dilanjutkan pada tahapan rekap ditingkat distrik mulai tanggal 29 Desember hingga 2 Januari, dan dilanjutkan rekap tingkat kabupaten dengan waktu per tanggal 1 hingga 5 Januari.

“Jadi kita sudah sediakan waktu, jadi kalau distrik sudah selesai, KPU akan terima hasilnya dan rekap hingga selesai 20 distrik dan hasil akhirnya ditanggal 5,” kata Theo.

Artikel Terkait

Pilkada Boven Digoel : Hasil rekapitulasi 17 distrik, Yusak-Yakob Unggul

Bams

Pleno Rekapitulasi Pilkada Boven Digoel 1 Januari 2021

Bams

Pilkada Boven Digoel Berjalan Lancar

Arafura News

Bawaslu Temukan Sejumlah Pelanggaran Pada Pilkada Boven Digoel

Bams

KPU Distribusi Logistik Pilkada Boven Digoel

Bams

KPU Tunggu 1284 Lembar Pengganti Surat Suara Rusak Pilkada Boven Digoel

Bams

Masih Terima Gaji ASN, DKPP Berhentikan Sementara Ketua KPU Boven Digoel

Bams

Pilkada Boven Digoel Tanggal 21 Desember 2020

Bams

Korupsi Uang Pemilu, Satu Komisioner KPU Papua Jadi Tersangka

Ridwan