Pasific Pos.com
Lintas Daerah

Bappeda Waropen Gelar Forum OPD

Forum-ODP-001
Pertemuan Forum OPD di Ruang rapat Setda Kabupaten Waropen, Rabu (31/03/21).

Waropen – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Waropen, laksanakan forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tahun 2021 dalam rangka sinkronisasi usulan program program dari kampung dengan Rencana Kerja (Renja) OPD,

Kepala Bappeda Kabupaten Waropen Bob Woriori,S STP,M.Si saat ditemui media ini usai mengikuti pertemuan dengan pimpinan OPD di ruang rapat sekda, Rabu (31/03/21) mengatakan, beberapa tahapan dari bawah telah dilakukan, seperti musrenbang kampung hingga Distrik, dan saat ini suda sampai pada tahapan forum OPD untuk melakukan sinkronisasi program usulan dari Kampung dengan RENJA OPD.

Dalam Forum ini, OPD terkait diminta untuk menyikapi usulan-usulan dari kampung dan dituangkan ke dalam renja OPD sesuai dengan skala prioritas.

“Forum OPD kali ini sangat penting dan erat kaitannya dengan tahapan dan mekanisme perencanaan ini, yang terpenting adalah dilanjutkan dengan sering terkait rencana kerja OPD-OPD untuk mensandingkan program yang diusulkan dari kampung”. Jelasnya Bob Woriori.

Lanjut dikatakan, dengan diterapkannya Peraturan Kementerian Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 70 Tahun 2019 tetang Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD), tentu tidak akan keluar dari tahapan-tahapan dan mekanisme, dalam arti dengan sistem ini harus bisa mengakomodir semua yang direncanakan untuk tahun 2022.

“2021 kita baru belajar masuk dalam sistem SIPD, kondisi hari ini yang terjadi piramida terbalik artinya yang direncanakan kecil, tapi saat naik ke kebijakan semakin besar, sesungguhnya ini akan diperbaiki untuk perencanaan di tahun 2022, dari bawa harus lebih besar dan naik keatas akan meruncing, ini sistem yang sesungguhnya didalam SIPD” terangnya.

Ia menyebutkan bahwa, harus merencanakan program sebanyak-banyanya didalam RKPD, agar ketika masuk pada tataran kebijakan dan prioritas akan terlihat mana yang prioritas dan mana yang kebijakan.

Ditambahkan, Dalam SIPD juga telah dipersiapkan Akun-akun kepala kampung, sehingga dari kampung bisa memantau program yang telah di usulkan, apakah masuk dalam sistem ini.

Setelah forum OPD dilanjutkan dengan Musyawarah MUSRENBANG Kabupaten pada tanggal 8 Juni 2021, dan musrenbang provinsi akan dilaksanakan pada 14-15 juni, dilanjutkan dengan MUSRENBANGNAS.

Artikel Terkait

Anak Muda Waropen Daftar Calon Bintara Noken Polri

Afrans

Tahap Pertama DD 8 Persen di Waropen Sudah Masuk ke Rekening Kampung

Afrans

33 Penjabat KPK Yang Dilantik Ditunda

Afrans

Tutup Musrenbang RKPD 2022, Ini Pesan Bupati Waropen

Afrans

Musrenbangda RKPD 2022 Hasilkan 661 Program dan 397 Kegiatan

Afrans

Rencanakan Program Prioritas Pembangunan Daerah Yang Diunggulkan

Afrans

per 30 Maret 2021, 550 Orang Telah Divaksinasi Covid-19 di Waropen

Afrans

Bicara Generasi Kedepan, Tapi Abaikan Stunting Jangan Bermimpi

Afrans

Pemda Waropen Gelar Rapat Aksi 1 “Analisa Situasi” KP2S, Stunting Tidak Boleh Terabaikan

Afrans