Pasific Pos.com
Headline Pendidikan & Kesehatan

Antusias Warga Saat Ikuti Vaksin Pertama Yang Difasilitasi Gerindra Papua

Suasana vaksinasi Covid-19, yang berlangsung di DPD Gerindra Provinsi Papua, Selasa 17 Agustus 2021. (Foto Tiara).

Jayapura – Di moment hari ulang tahun negeri kita yang ke -76, Ratusan warga Kota Jayapura nampak begitu semangat mengikuti kegiatan vaksinasi Covid-19 yang digelar di halaman Kantor DPD Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Provinsi Papua di Padangbulan, Kota Jayapura, Selasa 17 Agustus 2021.

Bahkan vaksin pertama yang dilaksanakan DPD Partai Gerindra Papua bersama Dinas Kesehatan Provinsi Papua ini berjalan lancar dan sukses hingga selesai.

Padahal, dari hasil pantaun Pasific Pos di lapangan, masih banyak warga Kota Jayapura ingin mendaftar untuk mengikuti vaksin yang digelar DPD Gerindra Papua. Hanya saja dari Dinas Kesehatan Provinsi Papua cuman menyediakan 300 dosis vaksin, sehingga masih ada warga terpaksa tidak bisa ikut vaksin, lantaran 300 dosis vaksin yang disediakan habis terpakai, hingga Pukul 14.00.

Ketua DPD Partai Gerindra Provinsi Papua, Yanni, SH mengaku senang saat melihat antusias warga Kota Jayapura yang telah mengikuti vaksinasi Covid-19 yang berlangsung di DPD Gerindra Papua.

“Memang jika lihat warga yang ikut vaksin, mereka sangat antusias. Dan kami pun siapkan 300 vaksin, sehingga yang mendaftar sudah mencapai target, bahkan ada yang belum terlayani. Ini menandakan antusias warga untuk vaksin cukup tinggi,” kata Yanni kepada Wartawan saat memantau kegiatan vaksinasi bersama Sekretaris Fraksi Gerindra DPR Papua, Natan Pahabol.

Apalagi lanjut Yanni, saat ini momentnya sangat pas karena bertepatan dengan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 76 ini, yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus.

Kata Yanni, meskipun masih ditengah pandemic, tetapi di 17 Agustus 2021 ini, Partai Gerindra Papua tetap semangat melayani masyarakat yang mengikuti kegiatan vaksin Covid-19.

Namun Srikandi Gerindra Papua ini berharap, meskipun banyak informasih yang tidak benar dan berita hoax yang beredar, akan tetapi masyarakat jangan mudah terpengaruh dengan berita hoax yang dapat membuat warga jadi takut, sehingga menyurutkan niatnya untuk mengikuti vaksin

“Seperti yang kami lihat, kegiatan vaksinasi hari ini sangat luar biasa. Kami gunakan vaksin Sinovac, namun bagi Partai Gerindra ini adalah vaksin kemerdekaan, kemerdekaan dari kesehatan karena vaksin ini dalam rangka gebyar atau semarak kemerdekaan,” tandas Ketua Fraksi Gerindra DPR Papua ini.

Dengan melalui kegiatan vaksinasi Covid-19, ini, Yanni pun berharap, dapat memotivasi masyarakat untuk ikut vaksinasi dalam rangka untuk menciptakan herd immunitas di tengah-tengah masyarakat itu sendiri.

Politikus Partai Gerindra ini juga menambahkan, jika kegiatan vaksinasi Covid -19, tidak hanya dilalukan kali ini saja, akan tetapi DPD Gerindra Papua kembali akan melakukan vaksin kedua dan tetap bekerjasama dengan Dinkes Papua.

“Apalagi kita lihat antusias warga untuk melakukan vaksin cukup tinggi. Jadi bulan depan kami kembali menggelar vaksin kedua, dan tetap menggandeng Dinkes Papua,” jelasnya.

Sementara itu, Anggota Komisi V DPR Papua, bidang Kesehatan, Natan Pahabol, SPd mengapresiasi Partai Gerindra yang telah melakukan vaksinasi Covid-19 dan bekerjasama Dinkes Papua.

“Bertepatan dengan HUT Kemerdekaan RI ke 76 ini, kita juga harus merdeka atau bebas dari Covid-19,” tandas Natan Pahabol.

Bahkan, Natan Pahabol yang juga sebagai Sekretaris Fraksi Partai Gerindra DPR Papua mengakui semangat masyarakat Kota Jayapura yang rela antri untuk mengikuti vaksinasi Covid-19 ini. Meskipun warga sudah antri dari pagi, tapi warga nampak terlihat anjoy.

Untuk itu, Natan Pahabol berharap semua pemerintah, gereja dan semua stakeholder dapat membuka layanan vaksinasi ini agar masyarakat semakin sadar akan pentingnya vaksinasi.

“Sebelum vaksinasi dilakukan, memang dilakukan sosialisasi oleh dr Aaron Rumainum, sehingga warga yang akan vaksin mengerti dan paham. Ada hamba Tuhan yang datang mendoakan, tentu orang akan menerima vaksinasi ini. Jika diarahkan vaksinasi di rumah sakit, tentu dapat membuat orang panic untuk ikut vaksin,” tutup Natan Pahabol.

Sekedar diketahui, vaksinasi Covid-19 yang digelar DPD Gerindra Provinsi Papua nampaknya berbeda dengan penyelenggara vaksinasi lainnya. Yang mana, disini Ketua DPD Gerindra Papua, Yanni SH menyediakan ratusan snack dan minuman untuk warga Kota Jayapura yang tengah mengikuti kegiatan vaksinasi.

Bahkan, Yanni terjung langsung untuk membagi bagikan snack dan minuman itu kepada tiap warga yang ada di DPD Gerindra Papua ini. (Tiara).