Pasific Pos.com
Papua Selatan

Turun Langsung Ke Pantai, Danlantamal Ikut Tanam Mangrove

Danlantamal saat menanam mangrove (foto:iis)

MERAUKE,- Lantamal XI Merauke turut memperingati Hari Mangrove Sedunia yang jatuh pada tanggal 26 Juli 2022 dengan menanam 1.000 bibit mangrove di sepanjang bibir Pantai Lampu Satu seluas 2.000 meter persegi.

Kegiatan tersebut berlangsung serentak di seluruh Lantamal se-Indonesia yang berlangsung secara virtual dan dihadiri oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Dr. Ir. Siti Nurbaya, M.Sc dan dihadiri Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E, M.M langsung dari Pantai Tanjung Pasir Tangerang.

Kepada wartawan usai melakukan penanaman di area Kampung Bahari Nusantara (KBN) Lantamal XI, Danlantamal XI Merauke Brigjen TNI (Mar) Gatot Mardiyono mengemukakan bahwa TNI AL bekerja sama dengan unsur Forkopimda dari wilayah Sabang sampai Merauke menanam mangrove serentak di 77 titik.

Selain di Pantai Lampu Satu, pihaknya juga menanam mangrove di wilayah Torasi dengan jumlah yang sama guna mengatasi abrasi. Ia berharap kawasan pantai yang ada di Merauke terselamatkan dari abrasi dan dapat menjadi kawasan wisata mangrove jika dilakukan secara kontinyu.

“Kita sudah bekerja sama dengan Dinas Pariwisata untuk mewujudkan wisata mangrove ini sehingga dapat menjadi destinasi wisata seperti di kota-kota besar lainnya,”terang Danlantamal. Adapun tema yang diusung pada kegiatan kali ini adalah. Melalui Sinergritas Penanaman Mangrove Nasional Secara Serentak Tahun 2022, TNI Angkatan Laut Bersama Rakyat Siap Mendukung Program Penanggulangan Bencana, Perubahan Iklim dan Cuaca Global, “The Mangrove Leader and Safe Our Earth”.

Sementara itu Kasal dalam sambutannya secara virtual mengungkapkan bahwa program penanaman mangrove sudah ia gagas sejak dirinya masih menjabat Danlantamal I dan setelah menjabat sebagai Kasal, program tersebut ia lanjutkan bahkan dilakukan secara serentak.

“Setelah saya diangkat menjadi Kasal, kegiatan ini menjadi program rutin saya di samping kegiatan baksos, komsos, ketahanan pangan dan sejumlah kegiatan penting lainnya yang dirangkum dalam kawasan KBN. Saya berterima kasih atas dukungan semua pihak dan menjadi kehormatan bagi TNI AL dan seluruh jajaran karena undangan menyempatkan waktu untuk hadir,”ujar Kasal.

Pada kesempatan yang sama, Dr. Ir. Siti Nurbaya menyampaikan rasa bangga dan salut atas gagasan penanam mangrove oleh TNI AL, terlebih saat ini posisi mangrove Indonesia sudah menjadi perhatian dunia. “Terima kasih kepada seluruh jajaran TNI AL, terima kasih kepada Kasal yang sudah mengagas program ini sejak lama mengingat yang dilakukan menjadi salah satu aspek yang sangat penting,”terang sang Menteri.**