Pasific Pos.com
Headline

Posko Terpadu Angkutan Lebaran Resmi Dibuka Hingga 25 April

Apel siaga pembukaan Posko Terpadu Angkutan Laut Lebaran 2024. (Foto : Zulkifli)

Jayapura – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut telah membuka Posko Terpadu di Pelabuhan Jayapura pada Selasa (26/3/2024).

Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Jayapura, Agustinus mengatakan, Posko Terpadu dibuka menjelang arus mudik dan balik Lebaran 2024.

Posko tersebut menyiapkan 300 personel dari 30 instansi yang terlibat dan secara bergiliran melakukan siaga 24 jam.

Agustinus menambahkan bahwa pihaknya telah melakukan rapat koordinasi dengan instansi terkait terkait komitmen menertibkan area Pelabuhan, baik di dalam maupun di luar.

Dia berharap, calon penumpang dan pengantar atau penjemput bisa mentaati semua peraturan yang diberikan petugas, sehingga berjalan lancar dan tertib.

Dia pun memprediksi trafik aktivitas Pelabuhan Jayapura menjelang arus mudik dan balik lebaran periode 26 Maret hingga 25 April 2024 meningkat 10 persen atau sekitar 21 ribu orang, lebih rendah dibandingkan trafik tahun 2023 sebesar 21 persen.

“Prediksi tahun ini menurun berdasarkan jumlah kunjungan kapal penumpang, karena sebagian dialihkan ke wilayah barat untuk mengantisipasi lonjakan penumpang,” ucapnya.

Sementara itu, Kapolresta Jayapura Kota, Kombes Pol Victor Dean Mackbon menyampaikan, pihaknya telah melibatkan personel di Posko Terpadu yang akan mengamankan jalannya arus mudik dan balik Lebaran.

Posko Terpadu, sebut Kapolresta, akan berkolaborasi dengan Operasi Ketupat Cartenz 2024 saat puncak arus mudik Lebaran.

“Kami siap mendukung seluruh aktivitas di Posko Terpadu yang diinisiasi oleh Kementerian Perhubungan,” ujarnya. (Zulkifli)