Pasific Pos.com
Info Papua

Jusuf Kalla Melantik Pengurus IKA UNHAS Papua Secara Daring

Para pengurus IKA Unhas Korwil Papua periode 2021 - 2025

Jayapura – Pengurus Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin (IKA UNHAS) Korwil Papua periode 2021-2025 resmi dilantik dan dikukuhkan oleh Ketua Umum PP IKA UNHAS, DR (HC). Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla secara daring, di Sasana Krida, Kantor Gubernur Papua, Kamis (16/12/2021).

Usai pelantikan, Jusuf Kalla atau JK berharap pengurus yang baru dapat bekerja sebaik-baiknya untuk kepentingan para alumni di wilayah Papua, dan hormat kepada almamater yang telah mendidik mereka sehingga menjadi alumni Unhas.

‘Saya bangga bahwa alumni Unhas mengabdi dari Papua ke Aceh, dan sebaliknya. Seluruh anak Indonesia telah memberikan baktinya kepada bangsa dan negara,” kata JK.

JK mengatakan bahwa mengabdi di Papua bukanlah hal yang mudah, dengan jarak yang jauh dan situasi yang membutuhkan perhatian serius bagi semuanya.

Karenanya, JK berpesan kepada pengurus yang baru dilantik untuk selalu menjaga harmonisasi hubungan, baik dengan sesama alumni, juga sesama alumni universitas lainnya yang ada di Indonesia yang bekerja atau mengabdi di Papua secara bersama – sama.

“Khususnya kepada alumni Universitas Cenderawasih yang tentunya mempunya bagian dari pendidikan secara nasional,” ucap JK.

“Harapan saya pengurus dapat bekerja sebaik – baiknya, mengabdikan diri, karena universitas dinilai bukan hanya kampusnya yang megah, tetapi pengabdian apa yang dilakukan oleh para alumninya yang didapat dari universitas,” sambungnya.

JK menambahkan bahwa mutu alumni menggambarkan mutu universitas, dan sebaik – baiknya universitas, tentu akan menghasilkan alumni yang baik.

“Karenanya para alumni Unhas baktikan diri, mengabdi di Papua, maka majukanlah Papua demi kepentingan negara,” kata JK.

Ketua IKA UNHAS Korwil Papua periode 2021-2025, Dr.Drs.Muhammad Musaad, M.Si menyampaikan, pihaknya segera melakukan pendataan potensi sumber daya alumni Unhas yang ada di Papua.

“Ini penting, tidak hanya melihat kualitasnya, tetapi juga kuantitasnya bahkan kapabilitasnya sampai pada tahapan kita menyusun peta kompetensi yang ada di Papua,” kata Musaad.

“Kemudian kita akan melakukan konsolidasi internal sesama alumni Unhas di Papua serta berkoordinasi dengan komponen yang lain termasuk dengan Pemerintah Daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota untuk bersama-sama berkotribusi membangun Papua,” sambungnya.

Musaad mengajak semua alumni Unhas bahwa dengan kehadiran IKA Unhas di Papua menjadi wadah, tidak hanya membicarakan hal – hal besar, tetapi juga sebagai wadah untuk temu kangen, serta mengajak peran aktif para alumni Unhas.

“Meskipun tidak aktif secara fisik, tetapi kita bisa memanfaatkan teknologi yang ada saat ini yang merambah di berbagai aspek. Jadi tidak ada alasan untuk kita tidak membangun komunitas ini dan membangun kerjasama untuk sesuatu kepentigan bersama, masyarakat dan bangsa,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelantikan Pengurus IKA UNHAS Korwil Papua dan Webinar Nasional, Dr.Kajagi Kalman, SH,MH berharap para alumni Unhas bersinergi memanfaatkan ilmu yang dimiliki untuk berkontribusi bagi Tanah Papua.

“Kemudian bagaimana kita menciptakan sumber daya yang ada di Papua semakin maju,” kata Kalman. (Zul)