Pasific Pos.com
Kabupaten Jayapura

Warga Kabupaten Jayapura Wajib Gunakan Masker

Kabupaten Jayapura Wajib Masker
Petugas Dinas Perhubungan Kabupaten Jayapura saat mengenakan masker pada salah seorang pengendara motor di Jalan Kemiri Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin (18/5) pagi.

SENTANI – Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kabupaten Jayapura, Alfons Awoitauw menegaskan, semua perangkat negara bersatu memerangi penyebaran virus Corona atau Covid-19 yang kini semakin mewabah dan pihak pemerintah daerah melalui Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Pencegahan Covid-19 Kabupaten Jayapura terus melakukan pengawasan terhadap aktivitas masyarakat diluar rumah.

Karena itu, pemerintah daerah juga mewajibkan seluruh masyarakat untuk selalu menggunakan masker saat beraktivitas diluar rumah termasuk di jalan atau pada saat berkendara maupun berbelanja.

“Kami sudah wajibkan semua masyarakat harus wajib menggunakan masker pada saat beraktivitas, baik pada saat mengendarai kendaraan, menyetir dan lain-lain semua wajib menggunakan masker,” tegas Alfons Awoitauw yang juga menjabat sebagai Ketua Karang Taruna Kabupaten Jayapura ketika dikonfirmasi wartawan di Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin (18/5) pagi.

Untuk memastikan masyarakat tetap mengikuti petunjuk dan arahan pemerintah terkait wajib gunakan masker saat beraktivitas diluar rumah, kata Alfons, setiap hari petugas lapangan selalu rutin turun ke jalan untuk memeriksa masyarakat yang beraktivitas diluar rumah khususnya para pengguna jalan.

“Jadi petugas kita setiap hari turun ke lapangan dan mereka melakukan pengawasan terhadap pengguna jalan. Baik yang mengendarai motor maupun yang mengemudikan mobil, untuk selalu mengarahkan mereka menggunakan masker. Kalau ada yang ketahuan tidak mengenakan masker, maka kami hentikan selanjutnya diminta untuk menggunakan masker,” ujarnya.

Lanjut Alfons mengatakan, diketahui memang masih banyak masyarakat yang tidak taat terhadap peraturan pemerintah terkait dengan wajib menggunakan masker pada saat beraktivitas diluar rumah. Hal ini tentu sangat disesalkan pihaknya, karena iimbauan pemerintah ini tidak saja untuk menjaga dirinya sendiri. Tetapi, untuk menjaga keselamatan orang banyak.

“Sampai saat ini kami masih menggunakan pendekatan persuasif. Yang tidak mempunyai masker kita bagikan dan langsung menyuruh mereka untuk menggunakan masker. Harapan kami, masyarakat sadar dan peduli, serta saling membantu petugas dengan mengikuti petunjuk dan aturan yang ada,” tukas pria yang juga pernah menjabat sebagai Kepala Distrik Sentani tersebut.

Artikel Terkait

Pemprov Papua Kembali Perpanjang Masa Relaksasi Hingga 31 Juli

Tiara

Sempat Jadi Zona Hijau, Merauke dan Supiori Kini Jadi Zona Merah

Bams

Masih Ada Pedagang Yang Tidak Menggunakan Kartu Tanda Pengenal

Fani

Tiga Kabupaten di Papua “Zero” COVID-19

Bams

Pasien Sembuh Covid-19 di Papua Meningkat, Kasus Meninggal jadi 18 orang

Bams

Pemprov Papua Apresiasi Kinerja Tim Covid-19

Bams

Kadinkes : Pasien Covid Tanpa Gejala Dapat Isolasi Mandiri di Rumah

Fani

DPPAD Papua lakukan Rapid Test COVID-19 bagi ASN

Bams

Rapid Test Atlet Peparnas Papua Negatif

Bams