Pasific Pos.com
Nasional

UPTD Museum Negeri Melakukan Perawatan dan Pemeliharaan Benda Budaya Anjungan Papua di TMII

Jakarta – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Papua melalui UPTD Museum Negeri bekerjasama dengan UPTB Anjungan Papua, Badan Penghubung Daerah Papua di Jakarta melakukan perawatan dan pemeliharaan Koleksi Museum yang ada di anjungan Papua di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta.

Museum Kariwari yang ada di anjungan Papua adalah tempat memamerkan benda budaya dari berbagai suku yang ada di Papua. UPTD Museum Negeri Papua terdiri darai 7 personil yang datang melakukan perawatan dan pemeliharaan koleksi benda budaya di anjungan Papua dan bekerja dari 19-23 Juni 2023.

Aman Ubruangge, S. pd, Kepala UPTD Museum Negeri Provinnsi Papua, menyampaikan bahwa kegiatan pemeliharaan dan perawatan ini adalah kegiatan rutin dari UPTD Museum Negeri.

“Kegiatan ini sudah rutin kami lakukan dan sempat berhenti karena kondisi yang dihadapi seperti covid dan lain sebagainya. Perawatan ini  penting kami lakukan karena benda budaya dari seluruh adata yang ada di Papua, khususnya sebelum adanya Daerah Otonomi Barua da di sini. Jadi kami perlu melakukan pemeliharaan” ungkap Aman Ubruangge.

Banyak orang dari luar negeri dan dalam negeri yang dating kesini, lanjut Aman Ubruangge, sehingga perawatan ini perlu selalu dilakukan.

“Asset dan koleksi itu ada di sini di anjungan Papua ini, sehingga Papua nya itu ada di sini. Harapan kami nanti bersama-sama dengan DOB kita merawat dan memelihara koleksi yang ada di anjungan Papua ini setiap tahun.” kata Aman Ubruangge.

Kepala Badan Penghubung Daerah Papua, Alexander Kapisa menyampikan ucapan terimakasih atas perhatian dari DInas Kebudayaan dan Pariwisata melalui UPTD Museum Negeri yang telah melakukan perawatan dan pemeliharaan koleksi benda budaya ini.

“Harapan kami yang mengelola anjungan Papua di TMII ini supaya kegiatan ini dapat dilakukan setiap tahunnya agar benda budaya yang ada di anjungannini tetap layak untuk dipamerkan kepada pengunjung dan kualitasnya terjamin”. Ujar Alexander Kapisa.