Pasific Pos.com
Papua Selatan

Tentara Dapat Sweping, Ini Alasannya

Prajurit saat diperiksa (foto:ist)

MERAUKE,ARAFURA,- Dalam rangka penegakan aturan terhadap barang bawaan bagi setiap satuan purna tugas di wilayah Komando Pelaksana Operasi ( Kolakops) Korem 174/ATW maka seluruh prajurit yang akan bertolak ke home base diperiksa saat berada di pelabuhan Yos Sudarso Merauke, Minggu (18/9).

Tim sweeping gabungan melakukan pemeriksaan barang para prajurit sebelum naik ke atas KRI Banjarmasin yang akan mengangkut pasukan purna tugas Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 123/Rajawali dan Yonif 410/Alugoro.

Kedua Batalyon tersebut akan kembali ke home base satuan masing-masing setelah melaksanakan tugas pengamanan perbatasan RI-PNG sektor selatan wilayah Kolaksops Korem 174/ATW Merauke selama 10 bulan.

Sweeping dipimpin langsung Kepala Seksi Intelijen Korem 174/ATW Kolonel Kav. Ahmad Edi Supriyadi dengan melibatkan tim Intel Korem 174/ATW, Denpom XVII/3 Merauke, Pomal Lantamal – XI Merauke, Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam(BKSDA), Balai Karantina Pertanian dan Hewan , Bea Cukai, Polhut serta Karantina dan Kesehatan Pelabuhan.

Kolonel Ahmad menyampaikan, sweeping merupakan protap yang selama ini dilaksanakan Kolakops Korem 174/ATW sebagai upaya penegakan aturan agar prajurit tidak membawa barang, hewan serta tumbuhan yang dilarang dan dilindungi.

“Prajurit yang akan berangkat keluar Papua tidak diperbolehkan membawa barang, hewan serta tumbuhan secara ilegal . Kita sebagai prajurit harus taat terhadap aturan dan hukum yang berlaku di NKRI,”tegasnya.(iis)