Pasific Pos.com
Ekonomi & Bisnis

Telkomsel Siaga Optimalkan 233 Ribu BTS Sambut Naru 2023

Jajaran direksi Telkomsel saat menggelar konferensi pers terkait kesiapan jelang Naru 2023.

Jakarta – Menyambut momen Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (NARU) dengan #SemarakSemangat, Telkomsel menghadirkan kenyamanan komunikasi bagi pelanggan melalui kesiapan infrastruktur jaringan broadband terdepan dan terluas, ketersediaan produk dan layanan digital bernilai tambah.

Serta berbagi harapan dengan mereka yang membutuhkan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) yang inklusif dan berkelanjutan.

Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan, untuk wilayah Papua dan Maluku, Telkomsel telah telah melakukan optimalisasi jaringan di 19 lokasi khusus, yang terdiri dari lima area residensial, empat area transit transportasi di Bandara dan Pelabuhan, dan sembilan area spesial seperti mal, alun-alun, dan pusat keramaian, serta satu gereja.

“Optimalisasi tersebut di antaranya dilakukan dengan melakukan peningkatan kapasitas 40 unit BTS 4G/LTE dan penambahan 10 unit BTS 4G/LTE baru, sehingga menggenapi lebih 12 ribu BTS yang tersebar di seluruh Papua dan Maluku dengan jangkauan hingga persen wilayah 90,60 persen populasi,” jelas Nugroho dalam konferensi pers secara hybrid, Rabu (6/12/2023) malam.

Untuk mengakomodasi lonjakan trafik, Telkomsel pun telah meningkatkan kapasitas GGSN (Gateway GPRS Support Node) hingga 490 Gbps dan kapasitas IX (Internet Experience) hingga 800 Gbps.

Sementara itu, untuk menghadirkan kenyamanan pelanggan di Wilayah Papua dan Maluku, Telkomsel mennghadirkan 19 Posko Siaga Naru yang tersebar di beberapa kota/kabupaten di Papua dan Maluku.

Diantaranya, 3 Posko di Kota Jayapura, 1 Posko di Kabupaten Jayapura, 1 Posko di Kabupaten Biak Numfor, 1 Posko di Kota Sorong, 2 Posko di Kabupaten Manokwari, 1 Posko di Kabupaten Teluk Bintuni, 1 Posko di Kabupaten Nabire, 2 Posko di Kabupaten Mimika.

Kemudian, 1 Posko di Kabupaten Merauke, 2 Posko di Kota Ambon, 1 Posko di Kota Tual, 1 Posko di Kabupaten Seram Bagian Barat, 1 Posko di Kabupaten Buru Selatan dan 1 Posko di Kabupaten Maluku Barat Daya untuk pelayanan pelanggan, penjualan produk dan layanan.

Khusus di posko Bandara Sentani dan Syaloom Amungsa Timika, pelanggan juga bisa menikmati hiburan berupa games competition, nonton bareng, serta lucky wheel.

Selama momen perayaan NARU 2023/2024, Telkomsel memproyeksikan akan terjadi lonjakan trafik broadband hingga sebesar 13 persen dibandingkan dengan hari biasa, atau 10,8 persen dibandingkan dengan periode NARU tahun sebelumnya.

Lonjakan trafik tersebut diperkirakan pada puncaknya akan mencapai 55,2 Petabyte, dan didorong oleh peningkatan akses media sosial sebanyak 15,6 persen, video streaming sebanyak 9,7 persen, layanan komunikasi sebanyak 31,9 persen, online gaming sebanyak 20,6 persen, hingga e-commerce sebanyak 19,1 persen.

Nugroho mengatakan, Telkomsel berkomitmen hadir bersiaga mendampingi para pelanggan untuk menyambut Natal dan Tahun Baru dengan penuh sukacita, melalui kesiapan jaringan broadband terdepan dan terluas, ketersediaan ragam produk dan layanan bernilai tambah, serta program CSR untuk berbagi dengan sesama.

“Terinspirasi oleh semangat Bhinneka Tunggal Ika, kami terus berupaya menghubungkan setiap sudut negeri, menghadirkan terobosan, dan menyalakan semangat berbagi harapan dengan #SemarakSemangat di momen selebrasi NARU kali ini,” ucapnya.

“Mari kita rayakan peluang dan harapan baru akan masa depan yang lebih cerah, bersama-sama terus melaju untuk kemajuan bangsa,” ajak Nugroho.

Untuk mendukung kenyamanan pengalaman digital pelanggan di seluruh Indonesia selama periode NARU ini, Telkomsel telah melakukan optimalisasi jaringan di 427 lokasi khusus, yang terdiri dari 27 area residensial, 48 area transit transportasi (bandara, pelabuhan, stasiun), 321 area spesial (mal, alun-alun, pusat keramaian), 29 area di rute mudik (jalur mudik, rest area, SPBU), dan 2 gereja.

Optimalisasi tersebut di antaranya dilakukan dengan melakukan peningkatan kapasitas 21 unit BTS 4G/LTE, penambahan 53 unit BTS 4G/LTE baru, dan penambahan 55 unit Compact Mobile BTS (COMBAT), sehingga menggenapi lebih 233 ribu BTS yang tersebar di seluruh Indonesia dengan jangkauan hingga 97 persen wilayah populasi.

Untuk mengakomodasi lonjakan trafik, Telkomsel pun telah meningkatkan kapasitas GGSN (Gateway GPRS Support Node) hingga 13,21 Tbps dan kapasitas IX (Internet Experience) hingga 11,08 Tbps.

Guna menghadirkan pengalaman digital yang lebih baik dan lebih cepat sekaligus meningkatkan efisiensi operasional, Telkomsel pun telah bertransformasi menjadi penyedia layanan konvergensi terbesar pertama yang mengimplementasikan standar arsitektur jaringan Open Digital Architecture (ODA) dengan Autonomous Network di Indonesia, memberikan kecepatan dan stabilitas layanan jaringan melalui skema zero touch self-assurance berbasis AI untuk mendeteksi, mendiagnosis, mengoptimalkan, dan memulihkan fungsi jaringan secara mandiri dan otomatis.

Selama periode 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024, Telkomsel terus memastikan kesiapan jaringan dan memantau pergerakan trafik broadband melalui 15 Posko Siaga Jaringan, yang di antaranya termasuk posko bersama TelkomGroup dan mitra.

Di samping itu, Telkomsel pun telah mengoptimalkan layanan VoLTE (Voice over LTE) yang kini telah tersedia di 514 kota/kabupaten di seluruh Indonesia dan dapat digunakan oleh hingga 347 tipe smartphone dari 14 brand.

Untuk mendukung kemeriahan Naru, Telkomsel menghadirkan ragam produk dan layanan bernilai tambah dengan program dan promo khusus yang dapat diakses oleh pelanggan di berbagai titik layanan yang tersedia.

Mulai dari promo Movie Voucher untuk upgrade ke paket Halo+ 250k, bebas berlangganan OTT favorit bagi pelanggan Halo+, tambahan Kuota Apresiasi bagi pelanggan setia Halo+, hingga kuota besar dan harga yang terjangkau dengan Paket Super Seru, serta Paket khusus Nonton bagi pelanggan Telkomsel PraBayar.

Bagi pelanggan internet rumah, Telkomsel menghadirkan modem wi-fi paling terjangkau Orbit Star G1 seharga Rp399 ribu dan mengadakan program promo khusus untuk pembelian paket JITU 1 dari IndiHome.

Telkomsel juga mendorong #SemarakSemangat Naru dengan beberapa program bundling khusus, seperti bundling berlangganan WeTV di berbagai paket internet, paket berlangganan Vidio untuk menonton pertandingan FIFA U-17 World Cup Indonesia 2023™, paket Netflix mobile dengan kuota lebih banyak, serta paket bundling Google Play Pass untuk menikmati akses beragam koleksi mobile games dan aplikasi pilihan berkualitas tinggi tanpa hambatan konten iklan dengan bonus kuota data Telkomsel.

Selain itu, pelanggan juga bisa mendapatkan keuntungan dengan berbagai program khusus, mulai dari program Panjat Hadiah Roli di Telkomsel roli, kemudahan untuk membeli produk prabayar menggunakan Telkomsel PayLater atau BRI Direct Debit di aplikasi MyTelkomsel, sampai dengan Pesta Hadiah Akhir Tahun bagi pelanggan SMS Banking.

Adapun pelanggan setia Telkomsel juga dapat menukar Poin dengan banyak keuntungan di Posko Utama, serta dapat menikmati beragam penawaran spesial seperti ekstra kuota, diskon di banyak merchant favorit, diskon smartphone, donasi, berbagi hadiah Natal dan Tahun Baru, hingga kesempatan mendapatkan total 12 iPhone 15 dan ratusan smartphone lainnya, belasan motor hingga 4 mobil Yaris dan grand prize BMW 320i, hanya dengan menukarkan mulai 1 Poin di MyTelkomsel dan MyIndiHome hingga 31 Desember 2023.

Nugroho mengatakan, Telkomsel mengapresiasi pelanggan setia dengan berbagai keuntungan, mulai dari penukaran Poin dengan merchandise di GraPARI dan Posko Siaga, Lucky Draw Poin Hoki berhadiah 22 smartphone bagi pembelian melalui Omni Channel Telkomsel, harga khusus Telkomsel Orbit dan nomor cantik di Telkomsel Shop, GraPARI.

Posko Siaga, hadiah khusus untuk pelanggan yang mengambil produk dari MyTelkomsel di Alfamart dan Indomaret, promo khusus bundling CCTV hingga MiFi untuk pembelian IndiHome dengan kecepatan 50 Mbps, serta berbagai program khusus di GraPARI, seperti lelang nomor cantik, redeem Poin untuk voucher minuman, dan keuntungan ekstra untuk pembelian smartphone di device corner.

Untuk kenyamanan pelanggan, 132 Posko Siaga NARU tersedia di seluruh Indonesia untuk pelayanan pelanggan, penjualan produk dan layanan, hingga hiburan berupa games dan live music.

Di samping itu, pelanggan juga dapat mengakses layanan pelanggan Telkomsel di Call Center 188 (dan 147, khusus pelanggan IndiHome), aplikasi MyTelkomsel, asisten virtual Veronika di berbagai platform instant messaging, media sosial Telkomsel di Facebook, Instagram, dan X, 507 GraPARI dan 576 ATM MyGraPARI di seluruh Indonesia, serta lebih dari 302 ribu mitra outlet Telkomsel.

Ciptakan Dampak Sosial dalam Implementasi Prinsip ESG dengan Program CSR ‘Sambungkan Senyuman’ sebagai upaya penciptaan dampak sosial dalam proses bisnis berkelanjutan Telkomsel yang mengimplementasikan prinsip Environmental, Social, dan Governance (ESG).

Selama periode NARU Telkomsel juga melangsungkan program filantropi ‘Sambungkan Senyuman’ dengan melakukan distribusi donasi sejumlah bantuan bagi mereka yang membutuhkan di seluruh penjuru Indonesia, melalui titik distribusi penyerahan bantuan program CSR di Manado (4 Desember), Bandung (7 Desember), Batam (14 Desember), Kupang (18 Desember).

Selain di keempat lokasi program tersebut, Telkomsel membuka bantuan pengobatan gratis untuk Masyarakat Prasejahtera, mendistribusikan bantuan dana untuk Yayasan, Panti Asuhan, Gereja, dan Sekolah Luar Biasa (SLB), bantuan dana usaha bagi UMKM, bantuan dana pendidikan untuk Siswa dan Mahasiswa, bantuan nutrisi bagi Bayi dan Balita, paket sembako bagi Masyarakat Dhuafa/Prasejahtera, hingga bersih-bersih Gereja dan Rumah Ibadah bersama karyawan di seluruh Indonesia.