Pasific Pos.com
Ekonomi & Bisnis

Telkom Bangun Kerjasama dengan Spacex untuk Layanan Starlink

General Manager Telkom Witel Papua, Agus Widiarsa saat menjelaskan kesiapan Telkom untuk 3 DOB.

Jayapura – PT Telkom Witel Papua berupaya menyediakan layanan telekomunikasi yang memadai terlebih di tiga provinsi baru yakni Papua Tengah, Papua Selatan dan Papua Pegunungan.

General Manager Telkom Witel Papua, Agus Widhiarsana mengatakan bahwa dalam penyediaan layanan dari sisi infrastruktur, Telkom menggunakan beberapa alternatif teknologi sebagai backhaul atau suatu jalur yang menghubungkan dari suatu Base Station ke Base Station lain, diantaranya teknologi fiber optic, radio over internet protocol (Radio IP) dan teknologi satelit.

Ia mengatakan, dengan kondisi geografis Papua yang menantang untuk dapat dilaksanakan pemerataan pembangunan infrastuktur telekomunikasi, saat ini Telkom melalui Telkomsat telah membangun kerjasama dengan Spacex untuk pemanfaatan layanan Starlink.

‘’Starlink menggunakan teknologi satelit orbit rendah, sehingga mampu memberikan layanan akses data dengan latency rendah dan throughput atau keluaran yang tinggi. Starlink adalah salah satu alternatif untuk memenuhi kebutuhan jaringan backhaul telekomunikasi, terlebih di daerah pedalaman dan pegunungan yang belum terjangkau jaringan fiber optic,’’ jelas Agus, Selasa (8/11/2022).

Pihaknya berharap, melalui keterlibatan dan kerjasama seluruh stakeholder, Telkom dapat memberikan kontribusi terbaik dalam pembangunan dan pemerataan jaringan telekomunikasi di Papua, sehingga dapat mendukung kelancaran program pemerintah, mendukung pendidikan dan pertumbuhan perekonomian masyarakat Papua. (Sari)