Pasific Pos.com
Ekonomi & Bisnis Headline

Tahap Dua Bantuan Beras PPKM, Bulog Papua dan Pabar Salurkan 1.857 Ton

Pemimpin Perum Bulog Kanwil Papua dan Papua Barat, Mohammad Alexander menunjukkan kualitas beras PPKM kepada penerima manfaat.

Jayapura – Perum Bulog Kanwil Papua dan Papua Barat menyalurkan beras bantuan Presiden dalam program Bantuan Beras PPKM (BB PPKM) tahap dua bersama dengan Dinas Sosial setempat, dipusatkan di Kantor Kelurahan Abepantai, Kota Jayapura, Papua, Jumat (13/8/2021).

Pada tahap pertama, Bulog Papua dan Papua Barat telah menyalurkan bantuan beras PPKM sebanyak 1.693 ton kepada 169.360 KPM PKH (Program Keluarga Harapan) dan KPM BST (Bantuan Sosial Tunai) se wilayah kerja Bulog Papua dan Pabar.

Saat ini sedang melaksanakan pendistribusian beras BB PPKM untuk tahap 2. Penyaluran kepada KPM BPNT Non PKH sebanyak 1.857 ton untuk 185.701 KPM (Keluarga Penerima Manfaat),

Sedangkan untuk pendistribusian diwilayah Kanwil Jayapura yang meliputi Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Sarmi, Kabupaten Keerom, Kabupaten Pegunungan Bintang dan Kabupaten Mamberamo Raya pada pagu tahap dua ini akan didistrbusikan oleh Bulog sebanyak 275 ton untuk 27.596 KPM.

Pemimpin Perum Bulog Kanwil Papu dan Papua Barat, Mohammad Alexander mengatakan, beras yang disalurkan adalah jenis medium yang berasnya berasal dari hasil panen di kabupaten Merauke yang saat ini masih terus berlangsung panen di daerah tersebut.

“Saat ini Perum Bulog Kanwil Papua dan Pabar telah menyiapkan stock berasnya di gudang Bulog untuk tahap 2 dan telah siap salur 100 persen, dan bahkan untuk tahap 2, Bulog sudah menyalurkan berasnya kepada KPM melalui PT. DNR yang telah ditunjuk Bulog sebagai transporter yg mendistribusikan berasnya sampai kepada KPM,” ujar Alexander.

Beras yang telah disalurkan oleh Bulog Kanwil Papua untuk tahap 2 ini sebagian telah disalurkan dan telah diterima oleh masyarakat penerima manfaat.

Salah seorang warga Abepantai sebagai penerima manfaat, Wice Merahabia menyampaikan ini kedua kalinya dirinya mendapatkan bantuan beras dari pemerintah melalui Bulog selama masa PPKM.

Wice mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat dan Bulog yang kembali menyalurkan bantuan beras PPKM. Dia berharap, bantuan tidak hanya sampai tahap dua.

“Harapan saya bantuan seperti ini berjalan terus sampai pandemi Covid-19 berakhir,” ucap Wice.

Lurah Abepantai, Karel Hanasbey menyambut baik penyaluran bantuan beras PPKM tahap dua. Menurutnya, penyaluran tahap pertama disambut antusias oleh warganya.

Adapun jumlah penerima manfaat tahap dua di Kelurahan Abepantai, kata Karel, mengalami peningakatan. Pada tahap pertama, penerima manfaat sebanyak 190 KPM, dan tahap kedua bertambah menjadi 326 KPM. (Zul)