Pasific Pos.com
Info PapuaPendidikan & Kesehatan

Setetes Darah Sangat Penting, Kasdam XVII/Cenderawasih Pimpin Donor Darah

Kodam XVII/Cenderawasih bekerja sama dengan PMI Prov. Papua menggelar kegiatan Bhakti Sosial Donor Darah dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kodam XVII/Cenderawasih ke-61

Jayapura – Wujud kepedulian terhadap kondisi sosial masyarakat, khususnya pentingnya setetes darah bagi kehidupan, Kodam XVII/Cenderawasih bekerja sama dengan PMI Prov. Papua menggelar kegiatan Bhakti Sosial Donor Darah dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kodam XVII/Cenderawasih ke-61 dengan mengusung tema “Manunggal Mewujudkan Damai di Papua”, bertempat di Aula Tonny A Rompis, Makodam XVII/Cen, Kamis (13/5/2024).

Demikian disampaikan Kapendam XVII/Cen Letkol Inf Candra Kurniawan, S.E., M.M dalam keterangannya.

Kapendam XVII/Cen mengatakan bahwa seluruh jajaran Kodam XVII/Cen secara serentak ikut terlibat dalam kegiatan Bhakti Sosial Donor Darah dalam rangka HUT Ke-61 Kodam XVII/Cen Tahun 2024.

Kegiatan donor darah juga melibatkan personel TNI AD, TNI AL, TNI AU dan Polri, serta Persit.

Pada kesempatan ini, Kasdam Brigjen TNI Hariyanto yang mewakili Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan, M.Han mengatakan kepada para peserta donor darah yang hadir telah mengikuti kegiatan yang sangat mulia karena bermanfaat bagi seluruh masyarakat di wilayah Papua.

Kodam XVII/Cenderawasih bekerja sama dengan PMI Prov. Papua menggelar kegiatan Bhakti Sosial Donor Darah dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kodam XVII/Cenderawasih ke-61.

“Kegiatan donor darah ini memperlihatkan tindakan nyata dalam kehidupan bersosial dan bermasyarakat, untuk saling mencintai sesama manusia, mengembangkan sikap tenggang rasa dan peduli terhadap nilai-nilai kemanusiaan yang sejalan dengan komitmen Kodam XVII/Cen untuk mewujudkan masyarakat Papua yang sehat dan damai, karena setetes darah sangat berarti bagi keselamatan jiwa seseorang,” kata Kasdam.

Lebih lanjut, Kasdam mengapresiasi dan memberi penghargaan yang tulus kepada para peserta donor darah, rekan-rekan dari PMI dan tim medis serta semua pihak yang berperan aktif membantu terselenggaranya kegiatan donor darah dalam memperingati HUT ke-61 Kodam XVII/Cen tahun 2024.

“Mari kita bersama-sama menjadikan aksi ini sebagai bagian dari dedikasi untuk membantu sesama. Sekali lagi, terima kasih atas kontribusi bapak ibu sekalian dalam donor darah ini sebagai bagian dari perjalanan hidup kita,” jelas Kasdam.

Di tempat yang sama Ketua PMI Prov. Papua Zakeus Degey, S.T., menyampaikan terima kasih kepada Kodam XVII/Cen yang peduli terhadap nilai kemanusiaan di Papua.

“Atas nama PMI Provinsi Papua, kami mengucapkan terima kasih kepada Pangdam karena selalu berkontribusi bagi Papua dengan menggerakkan para prajurit untuk mendonorkan darahnya sehingga persediaan darah di PMI Papua tersedia,” kata Zakeus Degey.

Hadir dalam kegiatan donor darah tersebut Irdam XVII/Cen Brigjen TNI Mukhlis, S.A.P., M.M., Kapoksahli Pangdam Brigjen TNI Achmad Fauzi, S.I.P., M.M., M.H.I., Sekretaris Unit Donor Darah PMI Prov. Papua dr. Raflus Doranggi, M.H., Para PJU Kodam, Para Dansat dan Kabalakdam XVII/Cen, Para Pengurus Persit KCK PD XVII/Cen, dan peserta donor darah.