Pasific Pos.com
Headline PON Papua 2021

Seniman Papua Harus Terlibat Sukseskan PON XX

Temu Kangen Seninam-Seniwati Tanah Papua Se Indonesia yang berlangsung di sala satu Hotel di Kota Jayapura, Selasa, 31 Agustus 2021.

Jayapura – Para pelaku seni dan budaya atau seniman di Bumi Cenderawasih harus terlibat aktif dalam mensukseskan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021.

Hal itu disampaikan Anggota Komisi I DPR Papua, Yonas Nusi pada kegiatan Temu Kangen Seninam-Seniwati Tanah Papua Se Indonesia yang diinisiasi oleh DPD Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) Provinsi Papua, di Kota Jayapura, Selasa, 31 Agustus 2021.

Acara temu kangen seniman Papua ini berlangsung secara virtual maupun tatap muka dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan Covid-19.

Yonas Nusi mengatakan, dalam penyelenggaraan PON XX maupun Peparnas XVI perlu melibatkan seniman Papua. “Pemerintah dan PB PON harus melibatkan seniman-seniman Papua dalam mensukseskan PON XX di tanah Papua,” kata Yonas Nusi yang juga selaku ketua Panitia Temu Kangen Seninam-Seniwati Tanah Papua Se Indonesia.

Lebih lanjut, ia mengajak para pelaku seni dan budaya untuk ikut mensukseskan PON dengan menyiapkan hasil karyanya, moment PON XX yang akan digelar beberapa pekan lagi harus dimanfaatkan dengan baik oleh para seniman dan seniwati di wilayah Papua.

Hal senada disampaikan Ketua DPD KSBN Provinsi Papua, Metusalem Wopari mengatakan, KSBN siap mensukseskan PON XX, tanggal 2-15 Oktober mendatang.

Metusalem harapkan kepada PB PON untuk menyediakan satu booth pameran atau stand yang akan gunakan sebagai tempat pameran karya seni anak-anak Papua.

“Kami mohon dukungan dari PB untuk menyediakan satu tempat pameran di masing-masing venue untuk anak-anak Papua pamerakan karya seninya,” harapnya.

Hadir juga pada kegiatan tersebut Ketua DPR Papua, Jhony Banua Rouw, Staf Ahli Gubernur Bidang Pengembangan Masyarakat dan Budaya Provinsi Papua, Paskalis Netep, kegiatan Temu Kangen Seniman-Seniwati Tanah Papua, Dengan Thema “Mempersatukan Seniman Seniwati Papua Se Indonesia Untuk Menjaga dan Memperkenalkan Karya Seni Budaya Kepada Dunia”juga disiarkan secara langsung melalui youtube.

Artikel Terkait

Selesai, Wapres: PON XX Sempurna, Papua Sa Cinta Ko

Bams

Tiga Catatan Penting Penyelenggaraan PON XX 2021 di Papua

Bams

PON XX Ditutup, Papua Cetak Sejarah Baru Capai Peringkat Keempat

Bams

Ridwan Kamil Beberkan Resep Jawa Barat Bisa Raih Juara Umum PON XX

Bams

Menpora Sebut PON Jadi Ajang Pantau Bakat Para Atlet

Bams

Jabar Juara PON XX, Kang Emil : Kami Akan Ceritakan Papua yang Indah

Bams

PON Papua Berakhir, Jabar Pertahankan Gelar Juara Umum

Bams

Pemkab Jayapura Hadiahi Rumah Bagi Atlet Berprestasi

Bams

55 Rekor Baru Telah Tercatat di PON XX Hingga Hari ke-22

Bams