Pasific Pos.com
Headline

Satu Orang KKB Tewas Tertembak Saat Serang Aparat TNI Di Intan Jaya

Ws. Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Candra Kurniawan. (Foto : Istimewa)

Jayapura – Satu orang dari gerombolan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) a.n Melkias Matani tewas tertembak saat menyerang Aparat TNI Satgas Yonif 330/TD, berlokasi di Kampung Kumbalaga, Sugapa, Kab. Intan Jaya, Selasa (23/1/2024) Pkl. 14.00 Wit.

Demikian disampaikan Ws. Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Candra Kurniawan, S.E.,M.M dalam keterangan.

Kejadian ini bermula saat beberapa gerombolan KKB berjumlah 11 orang dengan membawa 2 pucuk senjata laras panjang mendekati Pos TNI Satgas Yonif 330/TD untuk menyerang dan menembak prajurit TNI yang sedang bertugas. Lebih lanjut gerombolan KKB menyerang dan menembak Pos TNI, sehingga Prajurit dari Satgas Yonif 330/TD melakukan balasan tembakan ke arah gerombolan KKB tersebut.

Akibat kejadian ini, terpantau anggota KKB 1 orang a.n Melkias Matani tewas tertembak dan kemudian jenazahnya diangkat dibawa oleh kelompoknya menuju ke kampung Kumbalaga.

“Gerombolan KKB ini tidak pernah berhenti melakukan aksi terornya, bukan hanya kepada Aparat Keamanan, namun juga kepada masyarakat, baik membunuh warga sipil maupun membakar rumah dan fasilitas pelayanan serta tempat ibadah,” ungkap Letkol Candra.

“Penegakan hukum terus dilakukan oleh TNI Polri, baik secara terukur maupun mempedomani HAM,” imbuhnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, KKB juga telah melakukan pembakaran rumah dinas anggota DPRD Intan Jaya hingga meneror warga sipil di Kampung Mamba, Distrik Sugapa, Intan Jaya, Sabtu (20/1).