Pasific Pos.com
Kabupaten Jayapura

Ribuan Pengunjung Ramaikan Penutupan FDS, Pj Bupati Triwarno: Terima Kasih

Nampak ribuan masyarakat memadati lokasi Festival Danau Sentani di hari ketiga, Jumat (7/7/2023)

 

 

Sentani – Ribuan pengunjung meramaikan penutupan Festival Danau Sentani (FDS) ke – XIII yang berlangsung di Pantai Kalkhote Kampung Harapan, Sentani Timur Kabupaten Jayapura, Papua Jumat (7/7/2023).

Ribuan pengunjung yang berasal dari Kota Jayapura, Kabupaten Keerom dan Kabupaten Sarmi ini telah memadati lokasi pelaksanaan FDS sejak pagi hari di hari terakhir pelaksanaan FDS tersebut.

Dari pantauan harian ini, kebanyakan pengunjung merupakan kawula muda yang menyukai atraksi seni dan budaya yang ditampilkan di puncak event tahunan itu.

Salah satu pengunjung asal Kota Jayapura, Clara mengatakan kehadiran dirinya pada penutupan FDS ke- XIII ini untuk melihat pertunjukan seni tari dan budaya Papua.

“Tapi juga kedatangan saya kesini yaitu untuk melihat hasil kerajinan tangan masyarakat asli Sentani yang ditampilkan di stand – stand pelaku UMKM,” ujarnya.

Selain itu, ia mengaku juga merupakan pencinta kuliner dari bahan sagu seperti Papeda dan aneka kue kering dari bahan sagu.

“Sehingga saya bersama teman – teman hari ini datang kesini. Sebenarnya sih saat pembukaan sudah mau datang tapi karena cuaca saat itu hujan, kami tunda. Jadi baru bisa berkunjung pada penutupan yang berlangsung hari ini,” ungkapnya.

Ketika dimintai tanggapan terkait pelaksanaan FDS, ia mengatakan event tahunan tersebut sangat bagus.

“Karena dengan adanya event seperti FDS ini, kita bisa melihat dan mengetahui budaya Papua. Kita juga bisa refresing dan bisa menikmati waktu dengan keluarga serta teman – teman. Saya berharap, Selain FDS ada event – event lainnya setiap tahun sehingga budaya dan kesenian Papua lebih dikenal lagi oleh banyak orang,” harapnya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo, mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah datang serta meramaikan penutupan FDS.

“Kami ucapkan terima kasih kepada masyarakat yang datang dari Jayapura dan sekitarnya ke lokasi pelaksanaan FDS XIII tahun ini,” ucap mantan Pjs Bupati Asmat ini.

Sebelumnya, Festival Danau Sentani (FDS) ke-XIII Tahun 2023 dibuka secara resmi pada Rabu 5 Juli 2023. Selama 3 hari digelar, berbagai pentas, hiburan musik, kerajinan hingga kuliner dari UMKM Kabupaten Jayapura disajikan.

Event tahunan Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura ini kembali digelar pada tahun 2023 untuk ke 13 kalinya di Kawasan Wisata Pantai Khalkote, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua yang sempat mengalami penundaan selama tiga tahun mulai dari 2019 hingga 2021.

Yang akhirnya kembali dilaksanakan pada tahun 2022 bersamaan dengan pelaksanaan KMAN VI dan di tahun 2023 ini kembali digelar yang dibuka secara resmi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno.

Artikel Terkait

Keinginan Sopir Depapre Terwujud, Kapolres: Harapan Kami Ada Peningkatan Pelayanan Kepada Masyarakat

Jems

Gelar Musker V, LPTQ Kabupaten Jayapura Rekrut Kepengurusan dan Susun Program Baru

Jems

Perusahaan di Kabupaten Jayapura Wajib Bayar THR Karyawan, Esau: Paling lambat H-7 Natal

Jems

Sekretaris DAS Moi Minta Mendagri Tidak Melanjutkan Kepemimpinan Triwarno Purnomo

Jems

Ikuti Diklat Kepamongprajaan, Jhon Wicklif: Kepala Distrik Harus Dapat Memberikan Manfaat Bagi Masyarakat

Jems

Tegas, DPRD Akan Sampaikan Mosi Tidak Percaya ke Pj Bupati Jayapura

Jems

Fraksi Nasdem: Pj Bupati Harus Menseriusi Surat Pergantian Ketua DPRD

Jems

Ikuti Diksar selama 12 Hari, 41 Peserta Pelatihan Satpam di Sentani Siap Terjun ke Dunia Kerja

Jems

Bupati Triwarno Perintahkan Satpol PP Berkoordinasi dengan Bawaslu

Jems