Pasific Pos.com
Ekonomi & Bisnis Headline

Produk Usaha Mama Papua Jadi Oleh-oleh Korem 172/PWY

Komandan Korem 172/PWY Brigjen TNI J.O Sembiring.didampingi oleh Ketua Persit KCK Koorcab Rem 172 Ny. Ayu J.O Sembiring menyambangi salah satu pengusaha Mama Papua binaan Korem 172/PWY yang berada di Kampung Holtekamp, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Rabu (28/9).

Jayapura – Komandan Korem 172/PWY Brigjen TNI J.O Sembiring didampingi oleh Ketua Persit KCK Koorcab Rem 172 Ny. Ayu J.O Sembiring menyambangi salah satu pengusaha Mama Papua binaan Korem 172/PWY yang berada di Kampung Holtekamp, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Rabu (28/9).

Dalam kunjungannya tersebut, Danrem kembali menyalurkan bantuan sarana usaha dari Disperindagkop Provinsi Papua bagi pelaku UMKM Mama Papua.

Danrem 172/PWY menyampaikan bantuan yang diberikan saat ini guna memberikan motivasi dan semangat bagi pengusaha mama-mama Papua dalam menjalankan usahanya. Semangat dari mama Papua ini tidak terlepas dari peran Babinsa dari Koramil 1701-22/Muara Tami.

“Hari ini kita kembali melihat Babinsa saya telah bekerja untuk mendampingi mama Papua yang kemarin telah kita berikan Bimtek untuk terus mengembangkan usahanya. Di sini ada mama Arlince dan mama Siti, mereka telah membuat sebuah produk kue dan selai serikaya,” kata Danrem.

Kedepan, kata Danrem, selai srikaya ini akan dipesan dan menjadi bagian paket oleh-oleh Korem 172/PWY. “Bersama dengan nugget dari mama Papua di kampung Enggros kemarin, selai srikaya ini juga akan kita pesan untuk menjadi paket oleh-oleh Korem 172/PWY. Didalamnya nanti ada kerupuk, selai srikaya dan kue abon yang kita kemas dan beri nama dengan Bang Pace,” tutur Danrem.

Selanjutnya, Danrem mengaku bahwa bantuan yang diberikan oleh Disperindagkop sudah dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan usaha dari mama-mama Papua. Seperti rombong yang diberikan saat ini telah dimodifikasi menjadi etalase untuk berjualan kue dan di dalamnya sudah terdapat kompor dan tabung gas. Sementara bantuan untuk jualan selai akan dimodifikasi terlebih dahulu sebelum disalurkan.

Terkait dengan modal usaha, Danrem mengucapkan terima kasih kepada pihak Bank Papua yang telah mengeluarkan sertifikat Pembinaan Bimtek bagi mama-mama Papua yang ikut dalam Bimtek Korem 172/PWY beberapa waktu lalu.

“Dengan sertifikat ini nantinya akan mempermudah bagi mama Papua untuk mengajukan kredit. Dengan membawa sertifikat tersebut ke Bank Papua terdekat, mereka sudah bisa mendapatkan pinjaman. Terima kasih juga bagi Bank Papua yang telah bersinergi dengan Korem 172/PWY,” pungkas Danrem.

Sementara itu, mama Arlince mengucapkan terima kasih atas bantuan dan perhatian serta dukungan dari Danrem 172/PWY. Dengan bantuan yang diberikan dapat menjadi berkah juga menambah moril untuk memajukan usaha.

“Kami sangat bersyukur karena mendapat bantuan dari Danrem. Harapan saya kedepannya, usaha saya ini bisa lebih meningkat dan lebih besar dari sekarang. Untuk kendala yang saya hadapi saat ini yaitu modal, modal yang digunakan pas-pasan. Kami berharap ke depan bisa mendapatkan modal sehingga usaha bisa meningkat dari saat ini,” ujarnya.

“Saya yakin mama-mama Papua yang lain juga pasti bisa seperti saya. Dengan kepercayaan diri dan semangat, kita pasti bisa bangkit dengan talenta kita masing-masing. Jadi mama-mama lain yang sudah memiliki usaha apa saja, tinggal ditingkatkan dan di asa, semua pasti bisa,” imbuhnya.

Kunjungan Danrem ini juga mendapat apresiasi dari Kepala Kampung Holtekamp, Abraham Merauje (54).

“Kita patut bersyukur dan saya berterima kasih kepada Danrem 172/PWY yang hari ini bisa datang dan turun langsung melihat kami masyarakat kampung Holtekamp. Saya mendukung program Korem 172/PWY untuk masyarakat yang terus berjalan ini. Saya juga bersama Danramil akan mendampingi ibu-ibu ini agar mereka tetap eksis dalam menjalankan usahanya,” kata Abraham.

“Dengan bantuan yang diberikan oleh bapak Danrem ini akan menjadi motivasi untuk ibu-ibu lain di Holtekamp untuk maju dan juga menjadi contoh bagi ibu-ibu di kampung lain di Kota Jayapura,” tambanya.