Pasific Pos.com
Headline Papua Barat

PLN UP3 Manokwari Kembali Ciptakan Green Energi di Pulau Mansinam

PLTS Mansinam resmi beroperasi. (Foto : Istimewa)

Manokwari – Pengoperasian Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) On-Grid Isolated berkapasitas daya sebesar 50 kilo Watt peak (KWp) di Pulau Mansinam berhasil dioperasikan kembali (8/2/22).

Dengan menggunakan fotovoltaik atau panel surya dengan uji coba pada 20 Januari 2022 di atas lahan seluas 50 meter persegi. Pembangkit listrik ini diproyeksi dapat menghasilkan energi sebesar 80 kWh per hari.

Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Manokwari, Roberth Rumsaur menyebut dalam PLTS ini siap dioperasikan untuk melayani listrik 54 kepala keluarga di pulau yang berlokasi di pulau mansinam tempat situs sejarah.

“Dengan adanya PLTS di Pulau Mansinam, Penggunaan PLTS sebagai penyedia tenaga listrik menggunakan Energi Baru Terbarukan (EBT) ini juga sejalan dengan transformasi PLN melalui salah satu aspirasinya, yaitu Green,” kata Roberth.

“Sebelumnya PLTS tersebut tidak berfungsi, namun kami sudah perbaiki sehingga dengan tenaga non fosil bisa menghemat cost untuk bahan bakar diesel yang selama ini dioperasikan di pulau ini,” sambungnya.

Roberth mengatakan, bertepatan dengan hari pekabaran Injil ke-167 di Tanah Papua sudah dilakukan suplai dari PLTS dan kelistrikan aman. Pihaknya berkomitmen tetap berinovasi memberikan pelayanan yang tebaik untuk pelanggan.

Sementara itu, Manager Bagian Pembangkitan PLN UP3 Manokwari, Deddy Lesmana mengungkapkan pelanggan di pulau yang mayoritas penduduknya berprofesi sebagai nelayan ini dilistriki oleh PLN menggunakan PLTD selama 12 jam, namun melalui penerapan teknologi tersebut, pola operasi pada siang hari sebagian dengan memanfaatkan energi matahari.

“Sejak PLTS Mansinam dioperasikan, ada penurunan konsumsi BBM yang cukup signifikan, dari sebelumnya 318 liter per hari menjadi 200 liter per hari. Artinya terdapat penghematan sekitar 118 liter per hari yang mana hal tersebut berdampak positif pada efisiensi Biaya Pokok Penyediaan (BPP) sistem kelistrikan Manokwari,” kata Deddy.

Deddy mengatakan, semangat ini sebagai impelementasi langkah strategis PLN UP3 Manokwari dalam menyukseskan program pencapaian Energi Baru Terbarukan (EBT) dalam bauran energi.(Red)