Pasific Pos.com
Info Papua

Peserta Berkompetisi Secara Ketat di Hari Ketiga STQ se Tanah Papua

Peserta STQ berkompetisi di hari ketiga pelaksanaan. (Foto : Istimewa)

Jayapura – Hari ketiga pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) ke XXVII (27) pada Selasa (20/6/2023) dua cabang lomba digelar yakni Tilawah Qur’an (TQ) dan Hifdzil Qur’an (HQ) digelar pada Selasa pagi, (20/06/2023) di dua tempat berbeda.

Adapun pada cabang lomba TQ atau membaca Al Qur’an yang baik dan indah digelar di aula LPTQ Provinsi Papua, sementara cabang lomba Musabaqah Hifzdil Qur’an (MHQ atau perlombaan membaca dengan tartil atau murottal hafalan Al Qur’an digelar di aula Asrama Haji Transit Kota Jayapura.

Ketua Majelis Dewan Hakim Cabang Lomba HQ, Anang Firdaus menyampaikan bahwa penyelenggaraan MHQ pada tahun ini cukup kompetitif. Hal ini disebabkan banyaknya peserta yang mengikuti tiap golongan lomba dari tahun sebelumnya.

“Grafiknya meningkat, kalau tahun-tahun sebelumnya, persaingannya yang ketat hanya di 1 Juz, 5 Juz dan 10 Juz, tapi untuk tahun ini Alhamdulillah semua golongan persaingannya bisa dikatakan kompetitif,” jelas Anang.

Sementara itu, Ketua Dewan Hakim yang juga Anggota Aspek, Muhammad Wahib merangkap anggota menjelaskan bahwa ada peningkatan dari segi lagu, suara, dan kualitas tajwid.

“Ini menilai sesuai nomor, belum diketahui darimana asal daerahnya. Ada hal yang membanggakan sebagai perkembangannya, walau dari daerah namun tidak kalah dari peserta asal Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, atau Keerom,” imbuhnya.

Meski begitu, kata Wahib, kelemahannya ada di suara dan teknis pernafasan. Adapun masalah tajwid dan fashahah sudah banyak perkembangan.

“Mestinya tugas pelatih dan official anak-anak diberi pengertian, misal hati-hati ambil nafas, jangan memotong ayat, karena akan mengurangi nilai. Jika nafas tidak kuat lebih baik berhenti saja lalu diulangi. Itu tidak akan mengurangi nilai,” ungkapnya.

Adapun jumlah peserta pada cabang lomba HQ sebanyak 72 peserta dengan perincian diantaranya, 1 Juz 31 peserta, 5 Juz 18 peserta, 10 Juz 15 peserta, 20 Juz 6 peserta, 30 Juz 2 peserta.

Pada cabang tilawah dewasa, 27 orang terdaftar sebagai peserta. Sedangkan pada cabang tilawah anak-anak terdaftar 28 orang peserta putra dan putri.