Pasific Pos.com
Headline Sosial & Politik

Peringati HUT ke- 46, KKSS dan IWSS Kota Jayapura Ziarah ke Taman Makam Pahlawan

Ketua BPD KKSS Kota Jayapura, Ir. H. Junaedi Rahim, IAI dan Ketua Panitia HUT KKSS Kota Jayapura, H. Armin Surahman, S. Kom, MM, Ketua BPW KOMPAK Provinsi Papua, Drs. H. Haedar Muharrar, MSi, Anggota DPR Papua, H. Darwis Massi, SE, dan IWSS serta pengurus KKSS lainnya, ketika foto bersama didepan Tugu TMP Waena, usai lakukan tabur bunga. (foto Tiara).

HUT KKSS Dimeriahkan Dengan Festival Kuliner dan Budaya Sulawesi Selatan

Jayapura – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) ke -46, Badan Pengurus Daerah (BPD) KKSS Kota Jayapura bersama Wanita Sulawesi Selatan (IWSS) Kota Jayapura dan BPC – BPC se- Kota Jayapura serta perwakilan Pilar-Pilar maupun Badan Otonom (Batom) yang ada di KKSS, melakukan Anjangsana atau Ziarah dan tabur bunga ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Waena, Distrik Heram, Kota Jayapura, Sabtu 12 November, pagi.

Kegiatan Anjangsana ke Taman Makam Pahlawan ini dipimpin langsung oleh Ketua BPD KKSS Kota Jayapura, IR. H. Junaedi Rahim, IAI didampingi Ketua Panitia HUT KKSS Kota Jayapura, H. Armin Surahman, S. Kom, MM. Turut hadir dalam kegiatan itu Ketua BPW KOMPAK Provinsi Papua, Drs. H. Haedar Muharrar, MSi, Anggota DPR Papua, H. Darwis Massi, SE serta pengurus KKSS lainnya.

Selain itu, rangkaian kegiatan perayaan HUT KKSS ini juga dimeriahkan dengan senam pagi bersama yang dilaksanakan di seputaran Taman Imbi Kota Jayapura.

Ketua BPD KKSS Kota Jayapura, IR. H. Junaedi Rahim, IAI mengatakan, Syukur Alhamdulillah sebab hari ini 12 November 2022, Badan Pengurus Daerah (BPD) KKSS Kota Jayapura dapat memperingati HUT KKSS yang ke- 46 dengan penuh khimad dan suka cita.

“Adapun rangkaian kegiatan acara peringatan HUT KKSS ini, dimulai pada pagi hari ini yaitu melakukan senam pagi bersama lalu dilanjutkan dengan ziarah dan tabur bunga ke taman makam pahlawan (TMP) di Waena, Distrik Heram, Kota Jayapura. Kemudian Insya Allah sekitar pukul 15.00 WIT akan dilanjutkan dengan Festival Kuliner dan Budaya Sulawesi Selatan yang digelar seputaran Taman Imbi Kota Jayapura,” kata H.Junaedi Rahim ketika ditemui Pasific Pos usai melakukan tabur bunga di TMP Waena, Sabtu 12 November 2022.

Lanjut dikatakan, khusus acara Festival Kuliner dan Budaya Sulawesi Selatan ini akan dibuka dengan resmi oleh Penjabat Wali Kota Jayapura, Frans Pekey dan kepala daerah Tabi, yang nantinya dilaksanakan di Taman Imbi.

Untuk itu, Junaedi Rahim yang juga sebagai Anggota DPR Papua ini mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Jayapura untuk dapat hadir turut memeriahkan HUT KKSS ini.

“Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat kota Jayapura, dapat menyempatkan diri untuk hadir pada acara festival kuliner ini. Karena semua kuliner makanan khas Sulawesi Selatan akan disajikan diacara festival kuliner nanti sore,” ujar H. Junaedi Rahim.

Bahkan, kata Junaedi Rahim, menu yang disajikan nanti itu khusus khas Sulawesi Selatan yang mewakili 4 etnis yaitu Bugis, Makassar, Mandar dan Toraja.

Kendati demikiam diakui, dalam beberapa tahun ini peringatan HUT KKSS ini memang tidak dilaksanakan lantaran di tahun tahun sebelumnya terbentur dengan kegiatan lainnya.

“Baru kali ini kami rayakannya, karena pertama ada imbauan juga dari pusat, yang mungkin melihat sudah berapa tahun ini kami tidak dilaksanakan HUT KKSS Kota Jayapura. Ada lima tahu, baru kembali kami peringati,”ungkapnya.

Dikatakan, hal tersebut dikarenakan disaat bangsa kita sedang menuju ketidak nyamanan. Oleh karena itu sebaiknya harus tetap bersatu untuk saling menjaga satu sama lainnya.

“Dengan cara menggalang persatuan dan kesatuan bangsa di semua sektor. Termasuk kerukunan ini, karena kerukunan ini merupakan salah satu tiang dari NKRI. Sehingga Insya Allah, semua berjalan dengan lancar dan damai. Apalagi suasana Papua saat ini sudah mulai kondusif sehingga kita juga harus selalu memperlihatkan rasa persatuan itu,” imbuhnya.

Menurut Junaedi Rahim, karena KKSS ini sifatnya koordinatif sehingga dari masing masing Pilar diharapkan dapat melaksanakan pertemuan pertemuan untuk tetap menjalin silaturahim.

“Kami sangat bersyukur pada saat peringatan Maulid Nabi SWA karena seluruh pilar melaksanakannya dan selalu menjalin silaturahim. Dan itu adalah satu wujud kebersamaan juga salah satu wujud persatuan dan kesatuan kita di tanah rantau,” tandasnya.

Ditambahkan, sebab dengan bertemu dan bersilaturahmi tentu dapat menjadikan kita akan lebih akrab dengan yang lainnya.

Sementara itu, Ketua Panitia HUT KKSS ke- 46 Kota Jayapura, H. Armin Surahman, S. Kom, MM menuturkan, mudah mudahan apa yang kami laksanakan ini adalah satu bagian dari pada rasa kebersamaan yang terjalin di Bumi Cenderawasih ini, terlebih khusus di Tanah Papua sebagai warga KKSS.

“Jadi dimana pun KKSS itu berada, maka seperti dalam pepatah mengatakan, dimana langit dijunjung, disitu bumi dipijak. Dan sebagaimana dari pada tema KKSS ini adalah, KKSS selalu bekerjasama dengan seluruh warga yang ada di Kota Jayapura,” tutup H. Armin Surahman. (Tiara)