Pasific Pos.com
Info Papua Kabupaten Jayapura Olahraga

Pekan Olahraga Pelajar Provinsi II Papua Dimulai

Suasana Pembukaan Popprov II Papua Tahun 2022, di Venue Cricket, Doyo Baru, Distrik Waibhu, Kabupaten Jayapura, Senin (12/9/2022)

SENTANI – Pekan Olahraga Pelajar Provinsi (Popprov) II Papua tahun 2022 resmi digelar. Gubernur Papua Lukas Enembe melalui Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Politik dan Hukum Setda Provinsi Papua Triwarno Purnomo berharap sebagai ajang seleksi atlet yang berprestasi untuk mengikuti ajang Pra Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) Wilayah V di Palu, Sulawesi Tengah pada November 2022 mendatang.

“Melalui event Popprov II Papua ini, kami melihat dan mengawasi sejauh mana pembinaan prestasi atlet di tingkat pelajar di Kabupaten dan Kota se- Provinsi Papua. Tetapi, juga atlet akan disiapkan dalam persiapan Pra Popnas di Palu pada bulan November nanti,” katanya, saat membuka Upacara Popprov ke II Papua, di Venue Cricket, Doyo Baru, Distrik Waibhu, Kabupaten Jayapura, Senin (12/9/2022).

Ia mengharapkan melalui Popprov Papua II ini, pihaknya mengajak semua pemangku kepentingan untuk membangkitkan olahraga di Papua, tetapi juga di Indonesia.

“Mudah-mudahan ini juga memperoleh bakat-bakat yang dapat kita andalkan. Tumbuhkan semangat berprestasi dan bertanding dengan sportifitas yang bermartabat, karena itu akan menjadi suatu kebanggaan bagi Papua, bahkan Indonesia,” ujarnya melanjutkan.

Selain itu, dirinya juga menyebutkan, Popprov Papua ini juga sebagai ajang seleksi untuk mengikuti Pra Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) Wilayah V di Palu, Sulawesi Tengah.

“Dari seleksi di Popprov ini, nantinya anak-anak ini yang akan kita tugaskan untuk mengikuti Pra Popnas tersebut,” sebutnya.

Dia menjelaskan, sudah menjadi komitmen bersama bahwa setelah Papua dinobatkan sebagai provinsi olahraga. “Maka langkah-langkah strategis harus diambil untuk bagaimana mengimplementasi Papua sebagai provinsi olahraga. Sehingga pembinaan, penyelenggaraan dan perbaikan, serta evaluasi seluruh cabang olahraga patut dilakukan demi pembinaan prestasi,” tukasnya.

Diketahui, cabor sepak bola akan berlangsung di Lapangan pemanasan Lukas Enembe, cabor Sepak Takraw di Venue Hoki Indoor, cabor Tinju di Venue Hoki Indoor, cabor Bulutangkis di GOR Bulutangkis Sentani (Barnabas Youwe), Tenis Lapangan di Lapangan Sian Soor – Kantor Wali Kota Jayapura, Bola Voli di Lapangan Otonom Kotaraja, kemudian cabor Basket dan Pencak Silat akan berlangsung di SGO.

Sementara itu ditempat yang sama, Sekretaris Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) Provinsi Papua, Rivo Manangsang mengatakan Popprov Papua ini akan berlangsung mulai dari tanggal 12 hingga 17 Septemer 2022 mendatang, dengan mempertandingkan delapan cabang olahraga (Cabor). Yakni, sepak bola, sepak takraw, bola voli, bola basket, tenis lapangan, bulutangkis, pencak silat dan tinju.

“Jadi, ajang Popprov II Papua ini diikuti sebanyak 510 atlet, yang berasal dari 9 Kabupaten dan 1 Kota. Yakni, Merauke, Nabire, Jayawijaya, Deiyai, Asmat, Keerom, Biak Numfor, Memberamo Tengah dan Kabupaten Jayapura, serta Kota Jayapura,” kata Rivo Manangsang.

Selain itu, Rivo juga menambahkan, bahwa pihaknya berharap melalui ajang Popprov Papua ini akan bermunculan atlet berprestasi dan untuk mendengungkan Papua sebagai provinsi olahraga.

“Kami harap event Popprov II ini sebagai ajang penjaringan atlet berprestasi untuk menyeleksi atlet yang akan mengikuti Pra Popnas di Palu,” harap mantan Kepala Bidang (Kabid) Pemuda pada Disorda Papua ini.