Pasific Pos.com
Olahraga

Pecatur PON Papua Perkuat Tim Indonesia Hadapi Kejuaraan Asian Championship

Pecatur PON Papua Asian Championship
Pecatur Papua Yosef Theolifus Taher

Jayapura – Pecatur Papua Yosef Theolifus Taher Master Internasional yang selama ini dipersiapkan untuk menghadapi PON XX tahun 2021 di Papua, dipanggil untuk memperkuat Tim Catur Indonesia menghadapi kejuaraan catur beregu online antar negara-negara se Asia, “Asian Online Nations Chess Cup 2020, yang akan berlangsung tanggal 10 SD 25 Oktober 2020.

Panggilan pecatur Papua oleh Pengurus Besar Percasi Kepada Pengurus Provinsi Percasi Papua melalui surat nomor 062/PB-PERCASI/SJ//X/2020 tertanggal 4 Oktober 2020.

Dalam surat panggilan resmi PB Percasi kepada Pengprov Percasi Papua, diminta agar mempersiapkan atletnya atas nama Yosep Theolifius Taher sebaik-baiknya dan menghadirkannya di Sekolah Catur Utut Adianto Jalan Siliwangi Rawa Panjang Bekasi Jawa Barat pada tanggal 9 Oktober 2020 paling lambat pukul 15.00 WIT.

Menyikapi panggilan PB Percasi kepada atlet catur Papua, untuk memperkuat Indonesia dalam Kejuaran Asian CHAMPIONSHIP, Manajer Catur PON Papua, Ariadi SE mengatakan, pihaknya kini sedang menyiapkan sebaik-baiknya sang atlet.

“Kami lagi persiapkan si atlet dan sedang berkoordinasi dengan pihak KONI Papua,”ujar Ariadi, Rabu 7 Oktober di Jayapura.

Menurut Ariadi, dipanggilnya atlet catur Papua memperkuat tim Catur Nasional Indonesia, tentu suatu kebanggaan dan membuktikan bahwa atlet yang dimiliki adalah pecatur elit Indonesia. “Ya, tentu kita semua bangga, Papua bangga, atletnya dipanggil memperkuat Indonesia di event Internasional,”kata Ariadi.

Lanjut Ariadi, Atlet catur Papua Yosef T Taher bakal mampu memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara salam kejuaraan Asian Championship tersebut. “Kita optimis Yosef mampu berprestasi di tingkat Internasional, karena selama ini juga ia sering mengikuti kejuaraan Internasional,” ungkap Ariadi.

Ia juga mengatakan, kejuaraan yang bakal diikuti Yosef Taher sebagai salah satu rangkaian ajang try out sebelum menghadapi PON di Papua tahun depan. “Ya bagian dari try out lah, untuk terus mempertajam kemampuan, apalagi dia akan bergabung dengan pecatur-pecatur elite Indonesia lainnya,”tandas Ariadi.

Sementara itu asisten Pelatih tim catur PON Papua Banjir Ambarita SE, MP, WNP menyatakan kegembiraannya, dengan dipanggilnya Yosef Taher memperkuat Tim Catur Indonesia menghadapi kejuaraan Internasional Asian Championship. “Saya ini hasil yang baik dari seluruh rangkaian latihan yang berjalan selama ini ditengah Pendemi yang sedang melanda dunia. Yosef harus membawa harum nama bangsa dalam kejuaraan tersebut,”kata Ambarita.

Ia melanjutkan, bahwa Yosef T Taher yang sudah memiliki Norma Grand Master merupakan salah satu andalan Papua di Cabor Catur pada PON mendatang. “Ya, dia salah satu atlet terbaik kita, diharapkan kemampuannya terus meningkat dan mencapai puncaknya pada PON mendatang, dengan membuktikan yang terbaik meraih emas,”tuturnya.

Menurut Ambarita, Yosef Taher memiliki keunggulan dalam nomor catur cepat dan kilat. “Dala m kejuaraan catur virtual yang diselenggarakan PB Percasi selama Pandemi, Yosef selalu membuktikan yang terbaik dengan Juara 1, kita berharp kemampuannya terus meningkat,”ucapnya.

Artikel Terkait

Jelang PON, KONI Papua Warning Atlet dan Pelatih

Bams

Atlet Jenuh, KONI Belum Izinkan Cabor Try Out

Bams

Asa Kemampuan, Atlet Muaythai Papua Uji Coba di Jawa Timur

Bams

Sebelum Masuk Penampungan, Atlet PON Papua Bakal Jalani Tes Kesehatan

Bams

Futsal PON Papua Kaget Main di Lapangan Standart

Pasific Pos

Target 3 Emas, Atlet Terjun Payung Papua dari Korps Kopasus

Bams

Pengurus Koni dan Atlet Papua Jalan Sehat Meriahkan Hari Olahraga Nasional

Bams

445 Atlet PON Papua Siap Huni Wisma Atlet

Bams

Minim Peralatan, Atlet Perbasasi Mengadu ke Puslatprov Papua

Bams