Pasific Pos.com
Info Papua

PB PON XX Verifikasi Media di Papua

PB PON XX Verifikasi Media di Papua
Katkis Matdoan

JAYAPURA – Setelah melakukan pendataan wartawan peliput Pekan Olahraga Nasional (PON), tim Humas, Penyiaran dan Pelayanan Media (PPM) Panitia Besar Pekan (PB PON) XX, melakukan verifikasi media yang berada di bumi Cenderawasih.

Wakil Sekretaris Bidang Humas dan PPM PB PON Papua, Katkis Matdoan menyatakan, media memiliki peran besar dalam menyampaikan informasi PON ke masyarakat agar terus dilakukan secara berkelanjutan.

Dirinya menyampaikan, timnya sudah melakukan rapat dan melakukan verifikasi media maupun wartawan yang memiliki sertifikasi berkompoten, karena itu menjadi syarat penting untuk dilibatkan dalam peliputan penyelenggaraan PON XX tahhun 2021 mendatang.

Katkis mengaku, akan menggandeng semua media baik cetak dan elektronik untuk memublikasikan PON. Namun, media harus penuhi persyaratan sesuai undang-undang yang berlaku, sehingga kedepan tidak dikategorikan adanya wartawan atau media abal-abal maupun terjadi masalah saat meliput pesta olahraga empat tahunan tersebut.

“Saya berharap teman-teman media segera lengkapi persyaratannya, terutama perusahaannya harus badan hukum PT (Perseroan Terbatas), jika masih Perseroan Komanditer (CV), tentu tidak bisa dipakai.

Jadi, misalnya kalau ada permintaan kerjasama, karena ini sistim jadi harus ikuti sama halnya juga media kalau mengutus wartawan liput PON harus jelas, ketika ada masalah begitu di cek tidak ada itu jadi masalah dan kami tidak inginkan itu terjadi,” katanya.

Wartawan senior Papua ini mengungkapkan, dengan adanya penundaan jadwal PON XX ke tahun depan, tentu menjadi kesempatan bagi seluruh media untuk melengkapi persyaratan tersebut.
“Jika syarat-syarat tidak dilengkapi dipastikan kita tidak layani, mengingat ini juga merupakan aturan resmi yang diberlakukan pada saat penyelenggaraan PON nanti,” tegasnya.

Lanjutnya, Humas dan PPM PB PON tidak akan meloloskan media-media yang tidak lengkapi persyaratan perusahaan resmi. “Ini aturan yang harus dipatuhi, dan kita akan ketat dalam syarat itu maupun wartawan yang akan liput, sebagai tuan rumah harus memberikan contoh bagi kontingen lain dan tuan rumah yang baik untuk sukses PON. Apalagi kita corong informasi buat masyarakat,” tegasnya.

Selain itu kedepan, setelah rampungnya verifikasi media akan dilakukan beberapa pelatihan SDM untuk bekerja di media center dan website resmi PON, apalagi bidang humas dan PPM PB PON merupakan corong informasi dari pemerintah untuk suksesnya PON XX Papua. Pungkasnya.

Artikel Terkait

Paket PON XX Segera Dilelang

Bams

Cabor Eksebisi Tunggu Keputusan Gubernur Papua

Bams

Lelang Pengadaan Perlengkapan PON XX Dipercepat

Bams

PB PON XX Tolak 10 Cabor Dipertandingkan di Luar Papua

Bams

Wartawan Lokal yang Daftar Liputan PON Masih Minim

Tiara

Progres Kesiapan PON Sudah Capai 70 Persen

Tiara

PB PON Papua Terus Sempurnakan Data Akomodasi

Bams

PB PON Papua Jajaki Kerjasama Dengan LPDUK

Bams

Program Perencanaan Bidang Akomodasi PB PON Segera Dilelang

Bams