Pasific Pos.com
Headline

Pangdam didampingi Ketua Persit KCK PD XVII/Cenderawasih Pimpin Acara Syukuran HUT Ke-61 Kodam

Perayaan HUT Kodam XVII Cenderawasih ke-61.

Jayapura – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-61 Kodam, Kodam XVII/Cen menggelar acara syukuran dipimpin Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan, M.Han didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah XVII/Cenderawasih Ny. Juliet Izak Pangemanan, bertempat di Aula Tonny A Rompis Makodam XVII/Cenderawasih, Senin (27/5/2024) pukul 19.00 WIT.

Demikian disampaikan Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Candra Kurniawan,S.E., M.M dalam keterangannya.

Acara syukuran ini merupakan puncak rangkaian peringatan HUT Kodam yang sebelumnya berbagai kegiatan telah dilaksanakan diantaranya Karya Bakti bersih sampah secara serentak di wilayah Papua, donor darah, ziarah ke TMP, pertandingan Bola Voli dan Tenis lapangan, lomba Solo Vocal, Persami Pramuka Saka Wira Kartika, olahraga bersama, pemberian tali asih ke panti-panti Asuhan, pemberian santunan kepada veteran dan Warakawuri.

Saat acara syukuran berlangsung, Pangdam mengatakan bahwa Kodam XVII/Cen telah mengikuti sejarah bagaiman Papua menjadi bagian NKRI, sehingga perjalanan panjang telah dilalui Prajurit Kodam, baik tantangan, hambatan dan prestasi yang tidak lepas dari semangat dan pengorbanan serta kerja keras dari pendahulu maupun kinerja dari keluarga besar Kodam. Untuk itu, sebagai penerus yang mewarnai Kodam XVII/Cen haruslah belajar dari pendahulu dan pengalaman serta dinamika yang terjadi saat ini, sehingga tetap semangat dan optimis untuk maju demi tercapainya tugas pokok Kodam.

“Sebagai tekad dan komitmen Kodam XVII/Cen untuk mewujudkan impian dan harapan dari masyarakat Papua, maka pada momen HUT ke-61 Kodam mengusung tema Manunggal Mewujudkan Damai di Papua,” tegas Pangdam.

“Kita harus manunggal menjadi satu dengan semua komponen masyarakat serta harus membangun keterpaduan dengan semua pihak yang terlibat di dalam penanganan permasalahan Papua.”

“Kodam bersama semua elemen masyarakat, Pemda, TNI Polri, Para Tokoh dan Stakeholder lainnya bersatupadu dan bersinergi menjadikan Papua aman, damai dan sejahtera,” tambah Mayjen TNI Izak.

Pangdam juga mengapresiasi seluruh Prajurit, PNS dan Persit Kartika Chandra Kirana PD XVII/Cen atas pengorbanan dan kesetiaanya selama ini untuk membangun Papua dalam bingkai NKRI.

Usai kegiatan tersebut dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng yang diberikan kepada prajurit berprestasi Kodam XVII/Cen. Dan penyerahan bingkisan kepada para Veteran bersama Warakawuri serta pembagian hadiah lomba-lomba peringatan HUT ke-61 Kodam XVII/Cen kepada para pemenang/juara (Lomba Voli antar Club dan tenis lapangan, Solo Vocal, Persami Pramuka Saka Wira Kartika) dan dilanjutkan pembagian doorprize kepada seluruh peserta.

Turut hadir dalam acara syukuran HUT ke-61 Kodam XVII/Cen Brigjen TNI Hariyanto, Irdam XVII/Cen Brigjen TNI Mukhlis, S.A.P., M.M., Kapoksahli Pangdam Brigjen TNI Achmad Fauzi, S.I.P., M.M., M.H.I., Danrem 172/ PWY Brigjen TNI Dedi Hardono, S.I.P., Danrem 173/PVB Brigjen TNI Frits Wilem Rizard Pelemonia, Danrem 174/ATW Brigjen TNI Wempi Ramandei, S.Sos., Danrindam XVII/Cen Kolonel Inf Suhartono, S.I.P., Para PJU Kodam, Para Dansat dan Kabalakdam, Para Pengurus Persit KCK PD XVII/Cen, serta prajurit dan PNS Kodam XVII/Cen.