Pasific Pos.com
Sosial & Politik

Origenes Kaway: Saya Tidak Pernah Katakan Dapat Rekomendasi Partai Golkar

Bakal Calon Bupati Jayapura, Origenes Kaway, S Th
SENTANI – Bakal Calon Bupati Jayapura, Origenes Kaway, S Th, membantah bahwa dirinya mendapat rekomendasi dari Partai Golkar.
“Saya ingin sampaikan, bahwa saya tidak pernah katakan ada rekomendasi partai Golkar yang dikasih kepada saya. Hari ini kan belum pasti, apalagi belum ada partai-partai yang bisa memberikan rekomendasi kepada bakal calon bupati siapapun. Karena rekomendasi itu nanti kita bisa lihat pada tahun 2024 di tanggal 14 bulan Februari. Partai siapa yang menjadi pemenang di pemilihan legislatif,” katanya ketika memberikan keterangan pers di Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, kemarin.
Lanjutnya menyampaikan, jika ada yang ingin memberikan rekomendasi partai itu sudah sangat keliru. Karena rekomendasi akan diberikan bukan dilihat dari kursi DPRD yang sekarang. Akan tetapi, rekomendasi bisa diberikan itu dilihat nanti dari jumlah kursi DPRD tahun 2024 di bulan Februari.
“Jadi saya tidak pernah katakan ada rekomendasi yang dikasih kepada saya oleh partai Golkar. Jadi ini saja yang ingin saya klarifikasi, sehingga saya ucapkan terima kasih kepada Ketua Harian Partai Golkar Kabupaten Jayapura. Jangan bermain politik dua kaki, cukup satu kaki saja. Apalagi saya ini kan alumni Golkar, pasti saya tahu,” paparnya.
“Kemarin itu, selain acara syukuran, sekaligus juga saya mendeklarasikan diri siap maju sebagai bakal calon Bupati Jayapura. Sehingga saya katakan, bahwa saya punya dua partai yakni, PKB dan salah satu partai yang saya kejar adalah partai Golkar. Karena saya alumni Golkar, jadi bukan saya katakan dapat rekomendasi partai Golkar. Saya tidak pernah bilang ada rekomendasi, itu yang harus diralat karena belum waktunya ada rekomendasi itu, nanti tunggu di tahun 2024,” sambung Anggota DPRP ini.
Lanjut Origenes Kaway yang juga Ondoporo Kampung Bambar itu menyampaikan, jika hari ini dia (Ketua Harian Golkar) mau berikan rekomendasi partai Golkar, itu bagi Origenes tidak apa-apa dan berikan saja rekomendasi tersebut.
“Karena saya juga mantan ketua Golkar di Kabupaten Jayapura. Itu sebabnya, saya menyampaikan terima kasih dan saya harap agar Golkar kerja keras bisa memiliki rekomendasi itu di tahun 2024. Di periode ini partai Golkar hanya dua kursi saja, jadi usahakan agar ada tambah kursi, karena kalau model seperti ini pasti akan berkurang jumlah kursi Golkar,” imbuhnya.
“Tapi kalau (rekomendasi) itu kasih saya, mari kita kerja sama-sama untuk besarkan partai Golkar di Kabupaten Jayapura. Terus pernyataan yang saya buat itu adalah pernyataan secara pribadi. Karena saya sadar dan yakin, bahwa Golkar pasti saya akan ambil dan apapun rintangannya saya rebut,” ucap Origenes Kaway.
Selain itu, Origenes Kaway menambahkan, dirinya sampaikan jangan asal bicara, karena dirinya berbicara dengan gayanya sendiri dan pakai gaya kampung. “Bapa (Ketua Harian Golkar) dorang dalam posisi sistem yang tersusun rapi.
“Silahkan saja, tapi yang perlu diketahui disini, bahwa partai Golkar sudah 10 tahun kalah. Sehingga saya mau kasih tahu, jika partai Golkar tidak mau kalah di tahun 2024. Maka itu, carilah orang yang bisa memenangkan partai Golkar di daerah ini,” cetusnya.
“Jika dalam pernyataan Ketua Harian Golkar, yang menganggap pernyataan saya keliru. Maka itu, saya mau bilang bahwa kau lah yang keliru keluarkan statement. Makanya, kau jangan main dua kaki, dan harusnya kau main satu kaki saja,” tambah legislator PKB Papua ini diakhir wawancaranya.