Pasific Pos.com
Kabupaten Jayapura Sosial & Politik

Nelvis Ibo: Dukungan Golkar Kepada Salah Satu Kandidat Cabup Jayapura Adalah Isu yang Tidak Benar

Ketua Harian Partai Golkar Kabupaten Jayapura, Nelvis Ibo di damping Ketua AMPI Kabupaten Jayapura, David Suebu saat diwawancarai awak media di Sentani, Senin (21/3) kemarin.

SENTANI – Ketua Harian DPD Partai Golkar Kabupaten Jayapura, Nelvis Ibo menegaskan bahwa saat ini partai Golkar sama sekali belum memberikan dukungan kepada siapapun yang maju sebagai Bakal Calon (Balon) Bupati Jayapura .

Penegasan itu disampaikan untuk mengklarifikasi berita di salah satu media beberapa waktu lalu, dimana media tersebut memberitakan bahwa ada seorang bakal calon Bupati Jayapura menyatakan telah mendapat dukungan dari partai berlambang pohon beringin, yakni Partai Golongan Karya (Golkar).

“Kami ingin menyampaikan bahwa isu Golkar memberikan dukungan kepada salah satu kandidiat calon bupati jayapura itu adalah isu yang tidak benar. Golkar menolak dengan keras pernyataan itu. Kami tidak mendukung siapapun, kami sampai saat ini fokus melakukan konsolidasi organisasi mulai dari tingkat distrik sampai ke tingkat kampung,” tegas Nelvis di damping Ketua AMPI Golkar Kabupaten Jayapura, David Suebu kepada awak media di Sentani, Senin (21/3) kemarin.

Dikatakan, partai Golkar itu partai besar dengan aturan main yang sangat jelas, jadi tidak sembarang memberikan dukungan. Apalagi memberikan dukungan tidak melalui suatu keputusan resmi partai.

Pihaknya, lanjut Nelvis, merasa perlu melakukan klarifikasi terkait pernyataan dukungan dari salah satu Balon Bupati sebagai berikut.

Pertama bahwa Partai Golkar sampai detik ini belum memutuskan memberikan dukungan politik dalam rangka pelaksanaan Pilkada 2024 kepada siapapun bakal calon kandidat bupati.

Kedua, bahwa secara organisasi Golkar punya mekanisme yang harus ditempuh oleh setiap bakal calon untuk merebut rekomendasi dari partai golkar.

Ketiga, kepengurusan Partai Golkar ini adalah amanat dari hasil Musyawarah Daerah(Musda) sehingga pihaknya merupakan mandataris Musda, dimana dalam pelaksanaan Musda ada rekomendasi-rekomendasi yang dilahirkan oleh Musda yang harus diperhatikan secara seksama oleh pengurus yang sedang berjalan

Dirinya menerangkan, salah satu yang terpenting dalam rekomendasi yang dilahirkan dalam Musda adalah, mendukung Yanto Eluay sebagai bakal calon Bupati Jayapura dari Partai Golkar dan itu harus di jaga oleh kepengurusan partai golkar periode berjalan saat ini. Tidak bisa melanggar hasil keputusan Musda kecuali ada forum yang sama setingkat yang menggurkan hasil Musda itu

Dikatakan, pada dasarnya Partai Golkar sangat memberikan apresiasi kepada seluruh anak-anak negeri yang bertarung untuk maju sebagai bakal calon dan menjadi Bupati Jayapura pasti mendukung asal telah melewati tahapan dan kriteria dan ketentuan dalam Partai Golkar.

Pihaknya juga meminta dengan tegas kepada media yang mengeluarkan berita tersebut untuk bersama dengan Balon untuk mengklarifikasi pernyataan itu. Sebab, secara partai merasa terganggu dengan pernyataan yang sebenarnya tidak pernah dikeluarkan untuk memberikan dukungan

Dirinya mengingatkan, supaya kedepan tidak lagi ada yang menggunakan Partai Golkar seenaknya, karena Partai Golkar adalah oragnasiasi resmi yang ada dalam negara ini.

“Jika sampai kembali atau ada lagi yang menggunakan nama Partai Golkar tanpa melalui mekansime, maka kami tidak segan-segan membawa persoalan itu ke ranah hokum,”imbuh Nelvis.