Pasific Pos.com
Kabupaten JayapuraSosial & Politik

MA Maju Cagub Papua, Masyarakat Adat Deklarasikan Dukungan

Prosesi penandatanganan sebagai bentuk dukungan dari para tokoh adat, paguyuban dan pemuda kepada Mathius Awoitauw.

Sentani – Masyarakat Adat dan Paguyuban Nusantara di Kabupaten Jayapura mendeklarasikan dukungan untuk Mathius Awoitauw (MA) maju sebagai Calon Gubernur Papua 2024 dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Papua Tahun 2024 mendatang.

Dalam kegiatan deklarasi di Obhe Kampung Bambar, Distrik Waibhu, Kabupaten Jayapura itu diawali dengan penandatanganan bentuk dukungan masing-masing oleh tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan tokoh paguyuban yang ada di Kabupaten Jayapura.

Ondofolo Kampung Bambar Origenes Kaway kepada sejumlah wartawan mengatakan dukungan tersebut diberikan karena Mathius Awoitauw memiliki karakter yang baik, sederhana dan selama ini peduli dengan hak-hak masyarakat adat.

“Jadi dukungan ini karena pak Mathius itu orang sederhana, orang baik dan memperjuangkan hak-hak masyarakat adat,” katanya.

Ondofolo Origenes Kaway sendiri dalam acara tersebut merupakan Inisiator Deklarasi MA sebagai Calon Gubernur Papua 2024.

Ia menegaskan, di Kabupaten Jayapura hanya Mathius Awoitauw yang menyatakan maju.

“Kalau ada orang yang lebih dari Mathius Awoitauw kasi tau saya, karena yang lebih hanya Mathius dan saya. Kalau orang pintar masih banyak, tetapi orang sederhana hanya Mathius dengan saya,” tegas Ori sapaan akrabnya.

Karena itu, Masyarakat Adat di Kabupaten Jayapura sangat berharap Mathius Awoitauw bisa terpilih pada Pilgub Papua 2024 dan menjadi Gubernur Papua.

“Sebagai pemimpin, saya tahu orang-orang yang pantas dan hebat di Sentani. Saya juga tau siapa yang pintar, tetapi kelakuannya tidak baik. Kalau orang pintar, tetapi kelakuannya tidak baik bisa memberikan sesuatu kepada rakyatnya, jadi saya pikir sama saja rakyat biasa lebih baik,” jelas Origenes.

Ondo Origenes menegaskan, bagi generasi muda ini peluang yang sangat besar bagi kita. Kalau kau punya pintar mari gabung, kau punya hebat mari sumbang pikiranmu untuk bagaimana kita buat strategi untuk menang di tahun 2024.

“Karena politik hanya duduk bicara hari ini saja, tetapi besok Pileg selesai itu langsung tidak ada yang bicara politik. Hanya bicara kenapa saya tidak lolos, kalau tidak lolos baru cari Dewan Adat untuk mau kumpul-kumpul bikin demo ke DPR lagi,” katanya.

“Jadi, stop dengan kelakuan seperti itu. Karena Dewan Adat itu bukan tempat kumpul orang yang mau lakukan aksi-aksi demo. Dewan Adat hadir di DPR itu hanya menyampaikan engkau sudah terpilih menjadi anggota DPR, bekerjalah dengan hati untuk melayani masyarakatmu,” sambungnya.

Selain itu, dirinya berharap kepada pemuda, terkait deklarasi yang dilakukan pihaknya saat ini untuk Mathius Awoitauw itu bukan untuk kepentingan tokoh-tokoh adat.

“Melainkan demi menyelematkan pemuda-pemudi kita dengan generasi yang akan datang. Supaya kalian bisa nyatakan, bahwa kita bisa karena pak Mathius Awoitauw,” paparnya.

“Kami mau anak-anak kami, juga generasi kami kedepan bisa menjadi gubernur,” tukas Ondo Origenes Kaway.

Sementara itu, Mathius Awoitauw memberikan apresiasi deklarasi yang dilakukan masyarakat adat dan paguyuban Nusantara untuk mendukung dirinya maju sebagai Calon Gubernur Papua dalam Pilgub Papua 2024 nanti.

“Saya memberikan apresiasi untuk kita semua dengan pernyataan dukungan yang tadi telah disampaikan dan ini murni inisiatif dari masyarakat adat. Saya yang termasuk di undang dan kita semua hadir di acara deklarasi ini. Saya percaya bahwa masyarakat adat sangat paham, karena 10 tahun di kantor Bupati Jayapura selalu berada dengan mereka,” ujar pria yang akrab disapa MA.

“Jadi, apa yang dilakukan sebagai bentuk dukungan ini karena mungkin mereka sudah melihat apa yang pernah kita lakukan di daerah ini dalam mempertahankan eksistensi masyarakat adat dan juga mengembalikan jati diri masyarakat adat dan orang asli Papua,” pungkas Mathius.

Artikel Terkait

Mathius Awoitauw Resmi Mendaftar Bakal Calon Gubernur Papua di DPW Nasdem

Jems

Kembalikan Formulir Pendaftaran Balon Gubernur, Paulus Waterpauw: Saya Ingin ada Perubahan Kesejahteraan di Papua

Jems

DPW Nasdem: Penipuan Yang Dilakukan Oknum Pimpinan DPRD Kabupaten Jayapura Memalukan

Jems

Jalin Silaturahmi, Partai Gerindra Papua Datangi Kantor DPW NasDem

Jems

Bekerjasama dengan Telkomsel, Dinas Kominfo Akan Gelar Pelatihan Penjualan Pulsa Bagi Masyarakat Adat

Jems

Mathius Awoitauw Akan Deklarasikan Diri jadi Calon Gubernur Papua

Jems