Pasific Pos.com
Kabupaten Jayapura

KKS Gelar Buka Puasa Bersama, Surya: ini Merupakan Rahmat Bagi Seluruh Keluarga Besar Soppeng

Ketua KKS Kabupaten Jayapura Surya Arianto saat melakukan foto bersama Anggota DPRD Kabupaten Jayapura Muhammad Akbar, Ketua BPD KOMPAK Kabupaten Jayapura H. Mustaqiim, Ketua-ketua pilar yang ada di BPD KKSS Kabupaten Jayapura, pengurus KKSS dan IWSS Kabupaten Jayapura, Ketua IPSS Kabupaten Jayapura Suardin Bachrul, S.E., para sesepuh dan tokoh KKS di Kabupaten Jayapura, dan pemberi tausiyah Ustadz H. Sakaruddin, M.M usai buka Puasa Bersama Kerukunan Keluarga Sopeng (KKS) Kabupaten Jayapura.

Buka puasa bersama ini juga dihadiri Anggota DPRD Kabupaten Jayapura, Muhammad Akbar

Sentani – Badan Pengurus Daerah (BPD) Kerukunan Keluarga Soppeng (KKS) menggelar Buka puasa bersama warga Sopeng di Pos 7 Bawah, Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Minggu (2/4/2023).

Acara buka puasa bersama yang diawali dengan lantunan ayat-ayat suci Al-Qur’an ini mengambil tema, “Dengan semangat juang Ramadhan, kita menguatkan solidaritas antar sesama,”.

Turut hadir dalam acara tersebut Anggota DPRD Kabupaten Jayapura, Muhammad Akbar, Ketua KKS Kabupaten Jayapura Surya Arianto, Ketua BPD KOMPAK Kabupaten Jayapura H. Mustaqiim, Ketua-ketua pilar yang ada di BPD KKSS Kabupaten Jayapura, pengurus KKSS dan IWSS Kabupaten Jayapura, Ketua IPSS Kabupaten Jayapura Suardin Bachrul, S.E., para sesepuh dan tokoh KKS di Kabupaten Jayapura, dan pemberi tausiyah adalah Ustadz H. Sakaruddin, M.M., yang merupakan Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Jayapura.

Ketua KKS Kabupaten Jayapura Surya Arianto usai buka puasa bersama mengatakan, bahwa kegiatan buka puasa bersama merupakan rahmat bagi seluruh keluarga besar Soppeng di kabupaten Jayapura dan para undangan yang hadir.

“Kegiatan buka puasa bersama merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun. Alhamdulillah, pada kesempatan hari ini kita bisa melaksanakan buka puasa bersama di salah satu kediaman warga yang merupakan sekretariat (kamp) dari warga Kerukunan Keluarga Soppeng (KKS) yang ada di Kabupaten Jayapura,” kata Surya.

Lanjut Surya mengatakan, kegiatan ini merupakan bukti keseriusan dari keluarga besar Soppeng dalam kegiatan sosial sekaligus mempererat dan menjalin silaturrahim serta silaturrahmi.

“Dan, ini merupakan basis kami yang ada di Kabupaten Jayapura. Jadi, kegiatan ini bagaimana kita menjalin tali silaturrahmi dan silaturrahim sesama warga Soppeng yang ada di perantauan khususnya di Kabupaten Jayapura mulai dari Distrik Sentani, Distrik Sentani Barat, Distrik Sentani Timur dan Distrik Waibhu,” ujarnya.

Surya menambahkan, KKS Kabupaten Jayapura sebenarnya sudah eksis sejak lama di Bumi Khenambay Umbay dibawah pimpinan ketua yang lama (Alm. H. Muhammad) dan merupakan salah satu pilar dibawah KKSS yang telah banyak berperan dalam membantu pemerintah daerah serta turut aktif mengambil bagian dalam mewujudkan dan memajukan Kabupaten Jayapura.

“Tujuan dilaksanakannya buka puasa bersama kali ini adalah guna meningkatkan silaturrahim dan juga bagian dari menjalin hubungan dengan warga KKSS dan warga paguyuban lainnya di Kabupaten Jayapura. Dengan adanya buka puasa bersama ini, kita harapkan bisa saling mempererat rasa persaudaraan dan kebersamaan kita, sehingga kedepannya warga Soppeng semakin solid dan bersatu untuk membangun Kabupaten Jayapura yang lebih maju lagi,” tambahnya.

Dirinya juga menyampaikan ucapan terima kasih dan memberi apresiasi atas kehadiran Anggota DPRD Kabupaten Jayapura Muhammad Akbar pada acara buka puasa bersama dan Safari Ramadhan BPD KKS Kabupaten Jayapura.

“Intinya kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi kami warga Soppeng yang ada di Kabupaten Jayapura, juga dalam rangka meningkatkan hubungan dan silaturrahmi sesama,” ucapnya.

Sementara, tausiyah Ramadhan yang disampaikan oleh Ustadz H. Sakaruddin, M.M., mengatakan, bahwa bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah dan momen Ramadhan ini untuk beribadah kepada Allah SWT. Karena itu, pria yang juga Ketua DMI Kabupaten Jayapura itu meminta kepada seluruh umat Islam selama Ramadhan memperbanyak kebaikan dan salah satunya adalah seperti pertemuan dengan buka puasa bersama seperti saat ini.

“Semangat juang Ramadhan, kita menguatkan solidaritas antar sesama. Ini pesan yang sangat bagus dan juga menjadi satu insipirasi bagi kita semua. Bahwa, pesan-pesan Ramadhan adalah kita senantiasa menjadi hamba yang Muttaqin. Tetapi, tidak lupa kita mempunyai dan memiliki fungsi sosial kepekaan, kepedulian dan solidaritas kita terhadap sesama. Itu yang menjadi hikmah Ramadhan dan sesuai tema buka puasa bersama keluarga besar KKS Kabupaten Jayapura,” serunya.

Sementara itu, Muhammad Akbar mengatakan, kegiatan buka puasa bersama yang dilakukan oleh keluarga besar Soppeng ini sangat baik dan tiap tahun dilaksanakan sejak ketua KKS yang lama Alm. H. Muhammad.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini warga Sulawesi Selatan khususnya Soppeng dengan warga lain yang ada di Kabupaten Jayapura ini semakin erat kaitannya dan hubungan silaturrahmi ini semakin dijaga baik,” katanya.

Ia mengimbau masyarakat Sulawesi Selatan khususnya Soppeng harus mampu memajukan daerah ini dengan semangat dan kebersamaan.

“Harapannya, keluarga besar Kerukunan Keluarga Soppeng semakin solid dengan ketua dan kepengurusan yang baru,” harap Akbar.

Artikel Terkait

Ajak Wartawan Buka Puasa Bersama, Kapolres Sampaikan Terima Kasih Atas Sinergitas Yang Terjalin

Admin

Polsek Sentani Kota Buka Puasa Bersama Insan Pers Dan Anak Yatim

Admin