Pasific Pos.com
Ekonomi & Bisnis

Kepala Asabri Jayapura Jelaskan Hal Ini dalam Forum Belajar Bersama Mabes Polri

Kepala Asabri Cabang Jayapura, Kartono menjadi salah satu narasumber pada kegiatan Forum Belajar Bersama oleh Mabes Polri melalui Zoom Meeting. (Foto : Istimewa)

Jayapura – Kepala Kantor PT ASABRI (Persero) Cabang Jayapura, Kartono menjadi salah satu narasumber pada kegiatan “Forum Belajar Bersama oleh Mabes Polri” yang digelar secara hibrid pada Rabu (20/12/2023).

Kegiatan tersebut mengusung tema “Jaminan Kesejahteraan dan Konseling Psikologi Petugas PAM Pemilu” dibuka oleh Kepala Biro SDM Polda Papua, Kombes Pol Sugandi turut dihadiri jajaran, digelar aula Widya Graha Acarya Biro SDM Polda Papua.

Kegiatan yang merupakan program Mabes Polri ini juga melibatkan seluruh Polres di wilayah Papua, Papua Tengah, Papua Selatan dan Papua Pegunungan.

Kartono menekankan bahwa pentingnya memitigasi risiko yang kemungkinan dapat terjadi pada saat melaksanakan tugas PAM Pemilu serta mengetahui hak-hak ASABRI apa saja yang menjadi jaminan kepada anggota.

“Materi sosialisasi yang diberikan meliputi hak-hak anggota Polri dan PNS Polri jika terjadi kecelakaan kerja, mulai dari kriteria, persyaratan, besaran biaya angkut, biaya perawatan, manfaat santunan cacat dan manfaat santunan tewas gugur,” jelasnya dalam keterangan tertulis, Kamis (21/12/2023).

Dia pun mengatakan bahwa seluruh anggota Polri dan PNS Polri yang akan melaksanakan PAM Pemilu untuk tenang dan fokus dalam menjalankan tugas.

“Karena ASABRI melalui Peraturan Pemerintah Nomor 54 Tahun 2020 pembaharuan atas PP Nomor 102 Tahun 2015 menjamin semua biaya perawatan jika terjadi risiko kecelakaan kerja,” kata Kartono.

Asabri atau Asuransi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia merupakan asuransi sosial khusus bagi ABRI.