Pasific Pos.com
Kabupaten Jayapura

Kembalikan Kejayaan Kampung Yongsu Desoyo, ATM-APTM Berikan Bantuan Bibit dan Sembako

Kampung Yongsu Desoyo
Ketua Rukun ATM-APTM Yan Yaap Ormuseray didampingi Nelson Sorontaow menyerahkan bantuan bibit perkebunan kepada ondoafi kampung Yongsu Desoyo, Kabupaten Jayapura, Sabtu kemarin

JAYAPURA – Rukun Anak Tanah Merah dan Anak Peranakan Tanah Merah (ATM-APTM) membantu masyarakat Kampung Yongsu Desoyo, Distrik Reveni Rara, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, berupa 60 paket sembako, dan bibit tanaman perkebunan dan masker.

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Ketua Rukun ATM-APTM Yan Yap L. Ormuseray didampingi Wakil Ketua Nelson Sorontauw dan pengurus lainnya, Sabtu (6/6/2020).

“Kegiatan tadi (kemarin) itu dilakukan oleh Rukun ATM-APTM, yang merupakan wadah dari anak-anak asal Tanah Merah (pesisir pantai utara Papua) dan terhimpun dalam wadah Anak Tanah Merah serta Anak Peranakan Tanah Merah yang peduli dengan pandemi wabah Covid-19 ini,” ujar Ketua Ketua Rukun ATM-APTM Yan Yap L. Ormuseray.

Ia mengatakan, kegiatan ini juga membantu pemerintah Provinsi Papua maupun Kabupaten Jayapura untuk memberikan bantuan serta mensosialisasi pandemi virus corona (Covid-19) kepada masyarakat di kampung Yongsu Desoyo, apalagi, kebanyakan masyarakat di kampung ini mata pencahariannya nelayan dan petani dan hasilnya dijual di pasar Hamadi, maka perlu kita beritahukan protokol kesehatan kepada mereka.

“Hari ini kita di kampung Yongsu memberikan penyuluhan bagaimana menggunakan masker, cuci tangan, jaga jarak, makan makan bergizi dan lainnya, masyarakat dari kampung setiap hari ke pasar Ikan hamadi, namun adanya virus corona ini, menyebabkan pemkot Jayapura menutup akses masuk ke pasar hamadi, sehingga masyarakat kesulitan menjual hasil kebun dan ikan, berdampak kepada ekonomi masyarakat setempat,” tuturnya.

Oleh karena itu, Rukun ATM-APTM datang ke kampung Yongsu untuk memberikan bantuan paket sembanko dan bibit perkebunan.

“yang istimewanya, kami mendukung pemerintah yang mengharapkan dengan adanya virus ini masyarakat kembali berkebun, tetapi kita harus berpikir bahwa berkebun harus ada bibit, makanya kami rukun ATM-APTM bekerjasama dengan jemaat-jemaat GKI di Kabupaten Keerom untuk memberikan bibit petatas, keladi dan batang singkong dan kita serahkan kepada masyarakat kampung,” ujarnya.

Dikatakannya, pemkab Jayapura sudah berikan bantuan kepada masyakat siapkan kebun, kami rukun ATM-APTM berikan bibitnya. Dengan begitu, harapan kami kedepan masyarakat sudah dapat membangun ketahanan pangannya sendiri, apalagi kampung ini berhadapan langsung dengan lautan pasifik, dan kita tahu pesisir kampung di pantau utara Papua ini potensi ikan, udang sangat luar biasa, maka dengan adanya bibit perkebunan ini masyarakat bisa kembali berkebun.

“Kampung Yongsu ini salah satu kampung di pantai utara Papua yang terkena dampak banjir bandang 17 maret 2019 lalu. kebun-kebun masyarakat dihantam banjir dan mereka baru kembali berkebun,” urainya.

Kampung Yongsu, menurut Yan Yap Ormuseray, dulu dikenal sebagai penghasil petatas (ubi jalar) kalau dalam bahasa di kampung ini (Bokohi), makanya kami sebagai anak-anak Rukun ATM-APTM membantu bibit petatas dengan jumlah yang banyak dan harapannya kami kampung ini kembali berjaya seperti dulu sebagai kampung penghasil Bokohi.

Sementara itu, Kepala Kampung Yongsu Desoyo, Markus Ormuseray menyambut baik bantuan sembako dan bibit perkebunan yang telah diberikan oleh Rukun ATM-APTM kepada masyarakat kampung Yongsu.

“Kami mengucapkan terima kasih banyak atas perhatian dan bantuan dari Rukun ATM-APTM, apalagi kedatangan Rukun ATM-APTM bukan hanya membantu bantuan sembako tapi juga memberikan masker kepada masyarakat kampung sebagai upaya dalam penanggulangan Covid-19. Bantuan ini akan dimanfaatkan sebaik-baiknya dan dapat meringankan beban ekonomi yang dihadapi dampak dari pandemi yang sedang terjadi saat ini,” ucapnya.

Artikel Terkait

Pengiriman Gambir Ke Surabaya Diperiksa Ketat

Arafura News

Pemeriksaan Rapid Test di Kabupaten Jayapura Terus Berlanjut

Jems

Bahas Perlindungan Cycloop, Bupati Jayapura Gelar Pertemuan Dengan Todat dan Paguyuban

Jems

Kembali Pantau Hilal di Demta, Tim Falaqiyah : Berdasarkan Hasil Rapat

Zulkifli

Hasil Kunker Waket Komisi I DPR Papua Temukan Masyarakat Kesulitan Air Bersih

Tiara

Yanto Eluay : P5 Dalam Waktu Dekat Akan Laksanakan Deklarasi

Fani

Warga Kampung Sereh, Dibantu Mesin Pengolah Sagu dan Alat Pengasap Ikan

Jems

Tokoh Adat Papua Beri Apresiasi dan Sambut Baik Kunker Kepala BNPB

Jems

Bentuk Kepedulian, ATM-APTM Salurkan Bantuan Bama

Jems