Pasific Pos.com
Papua Selatan

Kapolres Merauke Dan Jajaran Turut Sukseskan Ketahanan Pangan

Kapolres dan Kasat Binmas saat menanam pisang beta di halaman Mapolres (foto:ist)

MERAUKE,ARAFURA,-Kapolres Merauke AKBP Ir. Untung Sangaji, M.Hum tidak hanya fokus dengan program home industrinya tetapi juga memberikan perhatian penuh terkait dengan upaya kepolisian dalam rangka ikut menciptakan ketahanan pangan dengan memanfaatkan pekarangan kosong di lingkup Mapolres Merauke guna ditanami aneka tanaman, baik sayuran maupun buah-buahan. Saat ini tanaman-tanaman tersebut sudah berkembang dengan baik bahkan ada yang sudah berbuah dan tidak lama lagi siap dipanen.

Sesekali waktu, Kapolres nampak meninjau aneka tanaman tersebut bahkan ikut memberikan pupuk dan melakukan perawatan. “Pelaksanaan program ketahanan pangan merupakan program pemerintah yang harus kita dukung bersama apalagi masih di masa pandemi Covid-19. Dengan menanam berbagai tanaman seperti buah-buahan, cabe dan aneka sayuran menjadi salah satu solusi,”terang Untung Sangaji. Namun Kapolres menekankan agar perawatan dan pupuk yang baik harus diperhatikan termasuk dalam mencari bibit yang berkualitas sehingga hasilnya juga bermutu.

Ia mencontohkan cara menanam pohon pisang beta harus dicari bibit yang baik dari induk pohon pisang yang berkualitas. Setelah itu baru dipindahkan ke lahan yang baik hingga tumbuh dan berbuah nantinya. Ia mengungkapkan bahwa belum lama ini juga sudah ditanam bibit pisang beta dan labu madu di lahan tambak Kelurahan Kelapa Lima dan sudah tumbuh dengan subur. Selain itu Untung Sangaji juga membudidayakan tanaman padi India dan hasilnya bagus. Bahkan bibitnya juga sudah dibagikan kepada masyarakat untuk ditanam lagi.

Tidak hanya sebatas untuk kebutuhan pangan, Untung Sangaji juga memberikan perhatian kepada aneka tanaman bunga khas dari Papua, salah satunya anggrek yang mudah dibudidayakan atau dijadikan tanaman penghias rumah. Kepada ARAFURA News, AKBP Untung Sangaji mengungkapkan bahwa selain anggrek dan berbagai jenis tanaman indah yang ada di Kabupaten Merauke, tanaman yang tumbuh di hutan sekalipun atau yang tumbuh di sekitar kita sangat menarik untuk disandingkan sebagai hiasan dinding.

“Ya, tergantung dari kita saja , bagaimana ingin mengemas tanaman tersebut. Intinya, pelajaran yang bisa kita ambil adalah betapa pentingnya untuk selalu menjaga dan menghormati alam kita. Jagalah tanaman dengan baik dan apa adanya karena bisa membuat orang tersenyum dan mengagumi,”terang Untung Sangaji.**