Pasific Pos.com
Headline Info Papua

Kafilah Papua Masuk Final STQH Nasional XXVI Maluku Utara

Kafilah Papua masuk babak final pada cabang Hifdzil 10 juz putri, Fatihah Az Zahra. (Foto : Istimewa)

Maluku Utara – Seluruh cabang lomba pada Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadist (STQH) Nasional XXVI telah usai dilaksanakan Minggu (17/10/2021) hingga Rabu (20/10/2021) dan mencapai tahap final bagi seluruh cabang lomba pada Kamis (21/10/2021), di Sofifi, Maluku Utara.

Kafilah Papua masuk babak final pada cabang Hifdzil 10 juz putri atas nama Fatihah Az Zahra. Hasil akan diumumkan pada penutupan Jumat malam (22/10/2021) di Sofifi.

Sebelumnya, pada Minggu dan Senin (18/10/2021) Kafilah Papua tampil pada cabang Tilawah dan Hifdzil, yaitu Tilawah anak putra (PA), Tilawah Anak putri (PI), Tahfidz 1 Juz dan Tilawah (PA), Tahfids 5 Juz + Tilawah (PA), Tahfid 20 Juz (PI), Tilawah Dewasa (PI) dan Tilawah Dewasa (PA).

Pada Selasa (19/10/2021) dan Rabu (20/10/2021) tampil Tahfidz 1 juz + Tilawah (PI), Tahfidz 5 Juz + Tilawah (PI) Tahfidz 10 Juz (PI), Tahfidz 10 Juz (PA), Tahfidz 20 Juz (PA), dan Tahfid 30 Juz (PA).

Dari enam cabang lomba yakni Tahfidz 1 juz + Tilawah putri, Tahfidz 5 Juz + Tilawah putri, Tahfidz 10 Juz putri, Tahfidz 10 Juz putra, Tahfidz 20 Juz putra, dan Tahfid 30 Juz putra, Provinsi Papua ditargetkan mendapat juara 1 atau 2.

“Peserta sudah tampil maksimal, Alhamdulillah perlombaan berjalan lancar. Kepada seluruh kafilah dan pengurus LPTQ Provinsi dan masyarakat mohon doanya semoga Allah memberikan yang terbaik (juara) kepada kafilah Papua yang sudah tampil,” ucap Ketua Kafilah Dr. H. Miftahul Huda, M.H.I.

Selama ini Ketua Kafilah seantiasa mengajak para pelatih dan pendamping agar lebih fokus dan kerja keras dalam latihan.

“Kepada pengurus LPTQ Provinsi, kota/kabupaten seluruh Kafilah Papua (senantiasa) mohon dukungan dan doa agar peserta dari Papua tampil prima, tampil maksimal,” kata Miftahul.

Miftahul senantiasa mendorong peserta untuk tetap semangat, disiplin, rendah hati dan tidak sombong dan terus berlatih dengan tekun dibawah bimbingan para pelatih masing-masing.

Selama di Sofifi peserta dan kafilah umumnya shalat berjamaah dan berdoa kepada Allah dan selalu yakin dan percaya diri bahwa para peserta dari Papua adalah terbaik.

“Support begitu juga pelatih kita doakan, kita beri semangat lagi. Bersatu, saling mendukung dan bisa menahan diri. Insya Allah berhasil,” kata Miftahul.

Untuk diketahui, Cabang yang diperlombakan di STQH Nasional XXVI di Sofifi, Maluku Utara yakni Tahfidz Qur’an, Tilawah, dan Tafsir Al-Qur’an. Golongan lomba meliputi Tahfidz 10 juz putra dan putri, Tahfidz 20 juz putra dan putri, Tahfidz 30 juz putra dan putri.

Kemudian, Tahfidz 1 juz dan tilawah putra dan putri, tahfidz 5 juz dan tilawah putra dan putri, hafalan Al-hadist 100 dengan sanad putra dan putri, hafalan Al-hadist 500 tanpa sanad putra dan putri, tilawah dewasa putra dan putri, tilawah anak putra dan putri, serta tafsir Al-Qur’an bahasa Arab putra dan putri. (Red)